APBD Batam Disesuaikan Dengan Visi Presiden Jokowi

id anggaran,APBD,Batam,Visi,Presiden,Jokowi

Batam (Antara Kepri) - APBD Kota Batam Kepulauan Riau 2015 akan disesuaikan dengan visi Pemerintahan Presiden Joko Widodo yang mengusung maritim dan ekonomi kerakyatan, kata Wali Kota Ahmad Dahlan di Batam.

Wali Kota Batam mengatakan ada beberapa hal dalam RAPBD yang mungkin akan diubah untuk menyesuaikan dengan rencana dan garis besar pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Jangan sampai APBD diluar visi pemerintah pusat. Itu tidak benar," kata Wali Kota usai menemui pimpinan DPRD Batam didampingi Sekretaris Daerah Agussahiman.

Sayang ia enggan memberikan rincian rencana pembangunan fisik APBD 2015 untuk mendukung rencana Presiden Joko Widodo.

Wali Kota menyampaikan kembali RAPBD 2015 kepada anggota DPRD yang baru, meski sudah pernah diajukan sebelumnya kepada anggota DPRD periode terdahulu.

Menurut dia, hal itu wajar mengingat mayoritas legislator periode 2014-2019 adalah orang baru, sehingga belum tahu rencana Pemkot Batam yang sudah diajukan sebelumnya.

"Dewan sekarang meneruskan yang lama. Jadi mereka perlu membahas sesuai dengan yang kami sampaikan kepada dewan yang lama," kata dia.

Dalam pembahasan RAPBD 2015 sebelumnya, Pemkot Batam mengajukan APBD sebesar Rp2,24 triliun, sesuai kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA PPAS).

Jumlah itu naik dibanding APBD Perubahan 2014 sebesar Rp2,1 triliun.

Peningkatan APBD 2015 didorong oleh meningkatnya target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Rp628 miliar menjadi Rp712 miliar.

Pemkot juga mengasumsikan penerimaan juga didapatkan dari Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi AU dan DAK sebesar Rp677 miliar, Dana Insentif Daerah (DID) Rp 15 miliar.

Sementara target penerimaan daerah dari sisi pembiayaan yaitu Rp 121 miliar, dengan rincian sisa kas daerah di bank Rp 115 miliar, dan penerimaan kembali pemberian pinjaman Rp 6 miliar.  (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE