Natuna Memasuki Musim Penghujan

id Natuna,Musim,Penghujan,bmkg,laut,gelombang,cuaca

Natuna (Antara Kepri) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ranai memprakirakan untuk satu minggu ke depan, wilayah Natuna dan sekitarnya mengalami peningkatan curah hujan.

"Untuk satu minggu ke depan, wilayah Natuna dan daerah sekitarnya termasuk Anambas, terjadi peningkatan curah hujan dibandingkan dengan waktu sebelumnya," ungkap Prakirawan Stasiun Meteorologi Ranai, Asrul Saparuddin, Senin.

Hal ini jelas Asrul, dipengaruhi beberapa faktor, seperti suhu permukaan Laut Tiongkok Selatan dan Laut Natuna yang masih panas dengan kisaran 28 hingga 31 derajat Celcius. .

Kemudian, terbentuk pusaran angin level atas sehingga terjadi pumpunan awan di wilayah Natuna dengan tinggi gelombang laut berkisar 1 hingga 2,3 meter, terutama di wilayah Natuna bagian barat. Sedangkan untuk wilayah laut Natuna bagian selatan mencapai gelombang 1 hingga 2,5 meter

Sedangkan untuk arah dan kecepatan angin untuk satu minggu kedepan, lebih bersifat variabel yang terjadi dari arah selatan hingga barat daya. Dan untuk tiga hari terakhir, arah angin dari timur laut hingga tenggara dengan kecepatan 8 hingga 40 kilometer/jam yang bisa terjadi malam dan siang hari.

Untuk suhu udara tambah Asrul, saat ini masih normal, cuma sedikit terjadi penurunan di waktu malam hari sehingga agak terasa dingin dari sebelumnya

"Sekarang ini dalam masa transisi dan memasuki musim penghujan. Diharapkan kepada masyarakat terutama bagi nelayan dan para pelayaran agar tetap waspada, saat ini kilat dan petir akan sering terjadi," pungkasnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE