Sofian: Pemerintah Pusat Perhatikan Air Bersih Pedesaan

id Sofian: Pemerintah, Pusat Perhatikan, Air Bersih, Pedesaan

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Sekretaris Komisi III DPRD Kepri, Sofian Samsir, meminta agar pemerintah pusat bisa menyelesaikan kebutuhan air bersih di pedesaan.

"Kita mengharapkan, agar untuk permasalahan air bersih, pusat tidak hanya mengurus perkotaan di Tanjungpinang dan Batam, tapi juga mengurus desa-desa yang ada di Kepri," kata Sofyan.

Perlunya pusat memperpanjang langkah hingga ke pedesaan, menurutnya sebagai bentuk antisipasi  penolakan masyarakat terhadap program pusat.

"Serta dalam menentukan pembangunan itu, harus ada studi kajian terlebih dulu, agar jangan sampai nanti ada penolakan dari masyarakat setempat," paparnya.

Kendala dalam penanganan air besih itu juga dilihat Sofyan dari kurangnya koordinasi pemerintah pusat. Seperti masalah DED, serta ganti rugi lahan yang juga harus ada dukungan daerah untuk program pusat.

"Kita juga kecewa terhadap APBN yang dialokasikan Pusat ke Kepri hanya Rp40-50 milyar, sementara APBN di Pusat senilai Rp 7triliun," tegasnya.

Sementara, kebutuhan air bersih yang terlayani hanya sebanyak 26 persen masyarakat Kepri.

Dengan alokasi Rp40-50 milyar untuk mengatasi permasalahan air bersih, dinilainya sangat kecil, karena masih banyak masyarakat Kepri yang belum terlayani dengan kebutuhan air bersih dari sisa 26 persen tersebut.

"Kita perlu kerja keras dan berupaya agar Kepri jangan sampai devisit air bersih, terutama di pedesaan, " tegasnya. (Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE