PGN Batam Siapkan Solusi Kenaikan Harga BBM

id PGN,Batam,Solusi,Kenaikan,Harga,BBM,subsidi,gas,konversi

Musi Banyuasin, Sumsel, (Antara Kepri) - PT Perusahaan Gas Negara menyiapkan solusi bagi masyarakat terkait kenaikan harga bahan bakar minyak dengan membangun infrastruktur dan membagikan alat konversi BBM ke bahan bakar gas di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Area Manager PT PGN Batam Sabaruddin di sela-sela kunjungan ke Stasiun Penerima Gas Grissik, Sumatera Selatan, Rabu, mengatakan akan membangun beberapa stasiun pengisian bahan bakar gas dan membagikan 50 unit konverter kit kendaraan secara gratis pada 2015.

PGN berencana membangun beberapa SPBG. Meski hingga saat ini baru satu yang mendapatkan izin prinsip dan sedang dalam tahap pembangunan.

"Minimal ada satu SPBG yang akan dioperasikan pada 2015. Penambahan SPBG tergantung rekomendasi pemerintah,," kata dia.

Satu SPBG yang akan dibangun berlokasi di belakang Kantor PGN, sekitar Perumahan Perumahan Beverly. Dan direncanakan selesai pada Agustus 2015.

SPBG itu nantinya akan memiliki dua dispenser dengan kapasitas 30.000 LSP sehingga diperkirakan bisa melayani 1.500 kendaraan dalam sehari.

"Satu kendaraan minibus isi sekitar 15-20 LSP per hari, jadi bisa isi untuk 1500 kendaraan dengan 'full capacity'," kata dia.

Ia memperkirakan pengisian BBG hingga tangki penuh akan memakan waktu sekitar tiga hingga empat menit, relatif lebih cepat dibanding pengisian BBM.

Harga BBG juga relatif lebih murah dibanding BBM, hanya sekitar Rp3.100 per LSP (liter secara premium).

Selain SPBG, PGN juga akan membagikan 50 unit konverter kit kepada kendaraan umum untuk menyukseskan konversi BBM ke BBG di Batam. 

"Untuk tahap awal PGN akan memberikan subsidi konverter kit sebanyak 50 ke angkutan umum gratis," kata dia.   

Ia mengatakan SPBG PGN memang masih dikonsentrasikan untuk melayani kendaraan umum, kendaraan milik pemerintah, BUMN dan kendaraan operasional perusahaan. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE