Polda Kepri Imbau Pengendara Sadar Keselamatan Berlalulintas

id Polda,Kepri,Imbau,Pengendara,Sadar,Keselamatan,batam,Berlalu,lintas

Batam (Antara Kepri) - Direktorat Lalulintas Polda Kepri pada Rabu (26/11) mulai kegiatan razia kendaraan bermotor dalam Operasi Zebra yang juga dilakukan serentak di seluruh Indonesia dan meminta seluruh pengendara melengkapi diri dengan surat-surat kendaraan.

"Sasaran utama Operasi Zebra 2014 akhir tahun ini adalah kendaraan jenis roda dua dan kendaraan angkut," kata Direktur Lalulintas Polda Kepri, Komisaris Besar Polisi Tantan Sulistiana di Batam, Senin.

Ia mengimbau, warga yang mengendarai mobil atau sepeda motor melengkapi diri dengan Surat Izin Mengemudi (SIM), STNK, helm SNI dan khusus roda dua dan nyalakan lampu pada siang hari.

"Operasi akan dilakukan pada seluruh wilayah di Kepri. Pastikan kendaraan anda lengkap agar tidak terkena razia," kata dia.

Ia juga mengimbau agar sepeda motor dan truk menggunakan lajur kiri, serta patuhi rambu-rambu lalulintas sepanjang perjalananan.

Penertiban yang dilakukan, kata dia, juga untuk mengurangi angka kecelakaan lalulintas akibat pengendara tidak patuh dan tidak mengenakan kelengkapan berkendara.

"Selama ini kecelakaan didominasi karena kurangnya kesadaran pengendara terhadap keselamatan berlalulintas. Dengan operasi ini kami juga ingin masyarakat lebih sadar terhadap keselamatan berkendara," kata Tantan.

Meski secara resmi baru dimulai pada Rabu (26/11), kata dia, pada razia 11 November 2014 sebanyak 21 kendaraan jenis truk berhasil ditilang.

"Pengendara truk ini tidak melengkapi kelengkapan kendaraan, seperti lampu, spion dan lampu sorot. Sebelum kendaraan diambil pemiliknya, kami minta memilih melengkapi kekurangannya," kata dia.

Ia mengimbau seluruh pengendara sadar terhadap keselamatan berkendara di jalan raya dan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

"Jadikan budayawan keselamatan sebagai kebutuhan. Sehingga setiap kali berkendara selalu mengutamakan keselamatan diri dan pengendara lain," kata Tantan. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE