Polda Kepri Pasang 120 Titik CCTV Jalan

id Polda,Kepri,Pasang,batam,CCTV,Jalan,lalu,lintas

Batam (Antara Kepri) - Polda Kepri pada 2015 akan memasang 120 titik kamera pengintai (CCTV) di seluruh jalan utama, khususnya di Kota Batam untuk memaksimalkan sistem Regional Traffic Management Center (RTMC).

"Kami juga akan bekerja sama dengan pemerintah daerah, pemilik restoran, hotel dan tempat umum lain untuk mengintegrasikan semua CCTV yang dipasang. Agar mempermudah penanganan jika terjadi tindak kejahatan atau kecelakaan jalan," kata Direktur Lalulintas Polda Kepri, Kombes Pol Tantan Sulistyana di Batam, Senin.

Ia mengatakan, saat ini Polda Kepri bekerjasama dengan Dinas Perhubungan baru mengoperasikan 17 CCTV Batam di antaranya terletak di Simpang Bandara Hang Nadim, Simpang Kepri Mall, Simpang Jam, Simpang Gelael, Pondok Puri dan Mesjid Raya di Batam Centre.

Dari 17 titik CCTV tersebut, kata dia, sebelas milik Polda Kepri dan enam lainnya milik Dinas Perhubungan Kota Batam.

"Keberadaan CCTV sangat penting dan banyak manfaat agar kami bisa lebih cepat merespons jika terjadi kecelakaan. Selain itu, setiap saat kondisi kepadatan lalulintas bisa terus dipantau," katanya.

Selain mengawasi lalulintas dan kawasan komersil lain, lanjutnya, Polda Kepri juga akan bekerjasama dengan Badan Pengusahaan (BP) Batam yang juga memasang CCTV pada sejumlah objek vital nasional.

Namun, kata dia, Polda Kepri hanya mengambil gambar pada CCTV yang mengarah ke jalan kawasan objek vital tersebut.

"Kalau kawasan dalam tentu pihak pengelola yang melakukan pengawasan. Namun untuk jalan sekitar kawasan tersebut juga menjadi tanggung jawab kepolisian," kata Tantan.

Ia berharap dengan penambahan CCTV dan pengintegrasian dengan sejumlah pihak, dapat meningkatkan keamanan dan ketertiban kota industri.

"Kalau aman dan tertib, tentu wisatawan ataupun pengusaha negara lain tidak segan-segan datang ke Batam untuk berbisnis dan berwisata," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE