PGN Salurkan Gas Perumahan ke Bengkong

id PGN,batam,Gas,Perumahan,Bengkong

Batam (Antara Kepri) - PT Perusahaan Gas Negara berencana menyalurkan gas rumah tangga ke pemukiman di daerah Bengkong Kota Batam Kepulauan Riau pada 2015, menyusul penyelesaian pembangunan jaringan distribusi gas Baloi-Batuampar pada November ini.

"Sekarang kami masih melakukan survei kebutuhan rumah tangga di Bengkong," kata Manager Area PGN Batam Sabaruddin di Batam, Selasa.

PGN memilih pemukiman Bengkong untuk dialiri gas rumah tangga karena kawasan itu dilalui pembangunan pipa jalur Baloi-kawasan industri Batumpar yang saat ini masih dalam pengerjaan.

Alokasi gas rumah tangga ke Bengkong merupakan bagian dari program PGN Sayang Ibu untuk menyalurkan gas ke 1.000 rumah tangga di Batam.

Dalam beberapa kali sosialisasi ke warga Bengkong, ia mengatakan PGN mendapatkan respon positif. Banyak masyarakat yang tertarik menggunakan gas rumah tangga PGN karena harganya lebih murah daripada gas tabung.

Namun, PGN tidak menargetkan terlalu banyak konsumen rumah tangga di Bengkong. "Sebanyak 10 persen saja sudah bagus," kata dia.

Selain di pemukiman Bengkong, PGN juga berencana menambah pelanggan rumah tangga di Perumahan Dutamas dan Legenda di Kecamatan Batam Kota.

PGN membangun pipa penyaluran gas bumi untuk distribusi ke daerah kawasan industri di Batuampar memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat di daerah itu.

Jaringan itu merupakan pipa induk yang kemudian akan dibuat beberapa cabang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, industri maupun komersial yang ada di Batuampar dan wilayah sekitar yang dilewati.

Sumber gas yang dialirkan ke Batuampar masih berasal dari sumur di Grissik Sumatera Selatan, sama dengan gas yang saat ini didistribusikan PGN ke pelanggan-pelanggan lain di Batam.

Saat ini masih ada sisa gas yang belum terdistribusikan dari kontrak PGN ke perusahaan sumber gas. Dan itu yang dimanfaatkan PGN untuk mengalirkan gas ke dua kawasan galangan kapal dan kemudian ke pemukiman masyarakat. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE