BMKG Peringatkan Nelayan Natuna Hati-hati

id BMKG,Nelayan,Natuna,cuaca,gelombang,kepri

Batam (Antara Kepri) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, memperingatkan pengguna transportasi laut dan nelayan untuk berhati-hati dengan gelombang tinggi dan arus laut yang relatif kencang di Perairan Natuna pada Rabu.

"Kondisi cuaca masih kondusif untuk transportasi darat dan udara. Untuk transportasi laut diimbau berhati-hati dengan arus kencang dan gelombang tinggi di Natuna," kata Prakirawan BMKG Batam Debora Trully Marpaung di Batam, Rabu.

Ia memperkirakan gelombang di Perairan Natuna mencapai dua meter dengan kecepatan arus 60 centimeter per detik arah barat daya.

"Dan bisa lebih dari itu bila disertai hujan," katanya.

BMKG memprakirakan cuaca di Kepri berawan dan berpeluang terjadi hujan ringan.

Adanya daerah pusat tekanan rendah di wilayah Perairan Natuna menyebabkan pola belokan angin di wilayah Kepri.

Belokan angin itu membantu pertumbuhan awan-awan karena kecepatan angin yang menjadi lambat sehingga massa udara menumpuk di wilayah itu.

Secara detail, BMKG memprakirakan cuaca wilayah Kota Batam pada Rabu pagi berawan dan siang hingga malam berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 40 kilometer per jam arah barat laut.

Suhu udara di Batam antara 24 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembaban 68 sampai 97 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan 0,5 sampai 1,5 meter.

Cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada Rabu pagi berawan hujan ringan, siang berawan dan malam kembali berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 33 kilometer per jam arah barat laut.

Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan antara 24 sampai 30 derajat Celcius dengan kelembaban 67 sampai 97 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan 0,5 sampai 1,5 meter.

Karimun pada Rabu pagi berawan hujan ringan, siang berawan dan malam kembali berawan hujan ringan. Kecepatan angin mencapai lima sampai 31 kilometer per jam arah utara.

Suhu udara di Karimun antara 25 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembaban 65 sampai 96 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan 0,5 sampai 1,3 meter.

Cuaca di Lingga Rabu pagi berawan dan siang hingga malam berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 30 kilometer per jam arah barat daya.

Suhu udara di Lingga antara 24 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembaban 78 sampai 96 persen, sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,5 sampai 1,5 meter.

Kabupaten Natuna pada Rabu pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 35 kilometer per jam arah barat laut.

Suhu udara di Natuna antara 24 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembaban 79 sampai 97 persen, sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,5 sampai dua meter.

Di Kabupaten Anambas pada Rabu pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 35 km per jam arah utara.

Suhu udara Anambas antara 24 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembaban 72 sampai 95 persen sedangkan gelombang diperkirakan 0,7 sampai dua meter. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE