Batam jadi Pusat Promosi Mode Indonesia

id Batam,Pusat,Promosi,Mode,Indonesia

Batam (Antara Kepri) - Kota Batam, Kepulauan Riau, dijadikan pusat promosi mode Indonesia sebagai tempat memamerkan hasil karya puluhan perancang mode dalam satu Galeri Mode Indonesia di Sumatera Promotion Centre.

"Dengan konsep Indonesian Fashion Gallery di Batam, kami ingin menjadikan Batam sebagai pintu gerbang bagi perancang busana untuk 'go international'," kata Ketua Penyelenggara Batam International Fashion Week (BIFW) 2014, Crhistine Besinga di Batam, Kamis.

Batam dipilih sebagai pusat promosi mode Indonesia karena letaknya yang strategis berdekatan dengan Singapura dan Malaysia.

Ia mengatakan sudah bekerja sama dengan PT Sumatera Convention Centre untuk memamerkan baju-baju rancangan para desainer di gedung yang menjadi pusat pengurusan izin berinvestasi di Batam sekaligus ruang pameran peluang investasi di Sumatera itu.

"Kami sudah menyiapkan rancangan dengan meletakkan patung-patung di beberapa sisi. Jadi 'one step gallery'," kata dia.

Selain itu BIFW juga akan membantu mempromosikan rancangan desainer melalui "on line" secara gabungan.

Galeri Mode Indonesia di Batam merupakan kelanjutan dari pagelaran Pekan Mode Internasional Batam 27-30 November 2014. Crhistine mengatakan berbeda dengan Pekan Mode Jakarta (Jakarta Fashion Week), BIFW menawarkan pola promosi berkelanjutan.

"Kalau JFW, sekali pagelaran selesai, tapi kalau BIFW ada kelanjutannya, berkesinambungan terus," kata dia.

Di tempat yang sama, perwakilan Kementerian Pariwisata, Wiwiek mengatakan Batam amat cocok sebagai lokasi pusat promosi mode Indonesia Internasional karena secara geografis berdekatan dengan beberapa negara tetangga.

Selain untuk menjaring kunjungan wisatawan manca negara dan domestik, keberadaan Galeri Mode Indonesia di Batam juga diharapkan dapat merangsang kreativitas perancang dan membantu pemasaran hasil kreasi perancang Indonesia.

"Kami dari Kementerian Pariwisata akan terus mendukung kegiatan ini," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE