Pemerintah Anggarkan Rp3 Triliun Kembangkan Maritim Kepri

id Pemerintah,Anggaran,laut,Maritim,Kepri

Batam (Antara Kepri) - Pemerintah pusat menganggarkan dana Rp3 triliun khusus untuk mengembangkan maritim di Provinsi Kepulauan Riau, kata Gubernur Kepulauan Riau Muhammad Sani di Batam, Jumat.

"Rp3 triliun itu untuk Kepri saja. Tapi kami belum tahu itu untuk apa saja," kata Gubernur usai menghadiri pertemuan dengan Pimpinan Bank Indonesia setempat.

Ia memastikan anggaran Rp3 triliun itu sudah masuk APBN 2015, sesuai dengan data dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Gubernur berharap dana yang nilainya hampir menyamai APBD Kepri 2015 itu dialokasikan untuk pembangunan pelabuhan. Karena Kepri yang merupakan daerah kepulauan dengan lebih dari 1.000 pulau membutuhkan pelabuhan sebagai infrastruktur transportasi.

"Kami harap untuk pelabuhan di Pulau Midai, Pulau Laut, di ujung-ujung sana. Dan semua yang berkaitan dengan maritim" kata Gubernur.

Mengenai konsep Tol Laut yang selama ini digaungkan Presiden Joko Widodo, Gubernur mengatakan belum memahaminya 100 persen.

Ia mengatakan setelah anggaran 2015 selesai dan ada ruang fiskal untuk mengembangkan konsep kemaritiman, baru akan dibahas.

Secara terpisah, Komisi III DPRD Kepri Sofyan Samsir mengatakan sesuai dengan misi Gubernur menyelesaikan masalah konektivitas, maka pemerintah bersama DPRD sepakat menganggarkan dana senilai Rp29 miliar pada APBD 2015 untuk membeli kapal baru.

Kapal itu rencananya untuk melayari rute dari Tanjungpinang, Lingga hingga ke Natuna.

Dengan pengadaan kapal baru itu diharapkan dapat membuka keterisolasian beberapa pulau di Kepri sekaligus menekan harga barang kebutuhan masyarakat.

Selama ini, harga kebutuhan masyarakat di pulau-pulau kecil relatif lebih mahal karena sulitnya distribusi barang akibat minimnya transportasi. Maka kapal dengan rute Tanjungpinang hingga ke Natuna diharapkan dapat memperlancar arus barang hingga menurunkan harga. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE