BMKG: Gelombang Perairan Kepri Capai 3,5 Meter

id cuaca,Gelombang,Perairan,Kepri,Capai,bmkg

Batam (Antara Kepri) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Batam, Kepulauan Riau mempakirakan gelombang laut di Perairan Kepri, Minggu mencapai 3,5 meter dengan arus laut hingga 85 cm per detik arah barat daya sehingga seluruh transportasi laut diminta berhati-hati.

"Untuk transportasi laut diimbau berhati-hati terhadap arus yang cukup kuat dan gelombang tinggi, terutama di Wilayah Bintan, Natuna dan Anambas," kata Prakirawan BMKG Sabila Rahmabudi.

Adanya tekanan rendah di selatan Pulau Jawa memberikan dampak adanya pola belokan angin di Kepri sehingga terjadi perlambatan kecepatan angin yang berpotensi terjadinya pengumpulan massa udara dan membentuk awan.

Sementara pemanasan yang relatif tinggi membuat pertumbuhan awan juga besar karena adanya proses kenaikan massa udara.

"Sehingga cuaca diprakirakan berawan dan berpeluang terjadi hujan ringan yang bersifat lokal. Kondisi ini masih kondusif untuk transportasi darat dan udara," kata dia.

Secara detail, BMKG memprakirakan cuaca wilayah Kota Batam pada Minggu pagi berawan dan siang berawan hujan ringan dan malam kembali berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 38 kilometer per jam arah utara.

Suhu udara di Batam antara 25 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembaban 63 sampai 92 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan 0,7 sampai dua meter.

Cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada Minggu pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam kembali berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 33 kilometer per jam arah timur laut.

Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan antara 24 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembaban 61 sampai 93 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan satu sampai tiga meter.

Karimun pada Minggu pagi hingga siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin mencapai lima sampai 32 kilometer per jam arah timur laut.

Suhu udara di Karimun antara 24 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembaban 65 sampai 90 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan 0,5 sampai dua meter.

Cuaca di Lingga Minggu pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 35 kilometer per jam arah utara.

Suhu udara di Lingga antara 23 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembaban 75 sampai 96 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,7 sampai 2,5 meter.

Kabupaten Natuna pada Minggu pagi hingga malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 40 kilometer per jam arah timur laut.

Suhu udara di Natuna antara 26 sampai 31. derajat Celcius dengan kelembaban 72 sampai 93 persen. Dan gelombang laut diperkirakan satu sampai 3,5 meter.

Sedangkan di Kabupaten Anambas, pada Minggu pagi hingga malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 38 km per jam arah timur laut.

Suhu udara Anambas antara 25 sampai 30 derajat Celcius dengan kelembaban 74 sampai 90 persen. Sedangkan gelombang diperkirakan satu sampai 3,5 meter. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE