Pelabuhan dan Imigrasi Batam Berbenah Sambut Wisman

id Pelabuhan,Imigrasi,Batam,Wisman,wisata,manca,negara,singapura,malaysia

Batam (Antara Kepri) - Pengelola pelabuhan internasional dan petugas imigrasi di Kota Batam Kepulauan Riau berbenah menyambut kedatangan wisatawan mancanegara yang diharapkan akan membanjiri kota itu pada 2015.

"Kami menambah meja pemeriksaan imigrasi, untuk mengurangi antrean masuk wisman," kata GM Indodarma Corpora, pengelola Pelabuhan Internasional Sekupang, Jumarli di Batam, Senin.

Awalnya, Pelabuhan Sekupang hanya dilengkapi lima meja pemeriksaan imigrasi, dan sekarang ditambah dua meja baru menjadi tujuh meja.

"Satu meja lagi digunakan untuk operator, jadi seluruhnya delapan meja," kata dia.

Minimnya jumlah meja pemeriksaan imigrasi di Pelabuhan Internasional Sekupang selama ini dikeluhkan penumpang kapal cepat. Antrean pemeriksaan bisa mencapai tiga jam, akibat jumlah meja pemeriksaan yang terbatas.

Kepala Bidang Pendaratan dan Izin Masuk Imigrasi Batam, Wijanarko memastikan pihaknya sudah memasok peralatan dan perlengkapan pemeriksaan imigrasi di Pelabuhan Internasional.

"Alatnya sudah kami masukkan. Termasuk petugasnya, juga sudah kami siapkan," kata dia.

Selain di Pelabuhan Internasional Sekupang, imigrasi Batam juga menambah alat dan personel imgrasi di pintu masuk wisman lain di kota itu.

Tambah VIP

Sementara, perwakilan dari Sinergi Tarada, Pengelola Pelabuhan Internasional Batam Centre, Dika, mengatakan pihaknya akan melakukan perluasan ruang kedatangan dan keberangkatan.

Rencananya, pada 2015 Pelabuhan Internasional Batam Centre akan membuat jalur "very important person" (VIP) khusus untuk pariwisata.

Namun, untuk membangun jalur itu, Sinergi Tarada membutuhkan payung hukum dari pemerintah.

"Kami berencana membuka jalur VIP, kami meminta payung hukumnya," kata dia.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Guntur Sakti mengatakan mendukung pengadaan jalur VIP di pelabuhan internasional, mengingat ada beberapa orang penting yang pulang-pergi Batam-Singapura atau Batam-Malaysia melalui jalur laut.

Ia bercerita, pernah suatu kali menjemput Ketua Dunia Melayu Dunia Islam yang juga kepala daerah di Kelantan Malaysia. Pejabat itu datang ke Batam melalui pelabuhan.

"Sempat bingung juga kami, karena tidak ada jalur VIP. Makanya ini penting," kata Guntur.

Sementara itu, pada 2015, Pemerintah Provinsi Kepri menargetkan menyerap 2,088 juta wisman datang ke Kepri, lebih dari setengahnya diharapkan datang melalui Kota Batam.

Jumlah kunjungan itu meningkat sekitar delapan persen dari target tahun sebelumnya.

Pemerintah provinsi didukung pemerintah kabupaten dan kota lainnya serta pelaku industri pariwisata menyiapkan berbagai acara untuk mendatangkan wisman. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE