PWI Karimun Pilih Ketua Baru

id PWI,Karimun,konferensi,Pilih,Ketua,wartawan,jurnalis

PWI Karimun Pilih Ketua Baru

Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia Cabang Provinsi Kepri Saibansyah (kanan) menyerahkan pataka PWI kepada Sandi Pramosinto, ketua domisioner sekaligus ketua terpilih PWI Perwakilan Kabupaten Karimun untuk periode 2014-2017 dalam penutupan Konfer

Karimun (Antara Kepri) - Persatuan Wartawan Indonesia Perwakilan Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Senin memilih ketua baru untuk periode 2014-2017.

Pemilihan ketua serta kepengurusan baru digelar melalui Konferensi Perwakilan (Konferwil) ke-3 dibuka Bupati Karimun Nurdin Basirun di Hotel Holiday Tanjung Balai Karimun.

Hadir dalam acara itu Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Cabang Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Richard Nainggolan, Sekretaris PWI Kepri Saibansyah serta sejumlah pengurus, pemegang hak suara dan beberapa jurnalis dari sejumlah media.

Menurut Richard Nainggolan pembentukan kepengurusan sangat mendesak mengingat kepengurusan PWI Karimun sempat vakum dalam dan dijabat pelaksana tugas sejak 2008.

"Kita ingin PWI Karimun menjadi rumah bagi wartawan, jangan ada pengotak-kotakkan. Semua membaur tanpa memandang dari media mana, apalagi kalau strukturnya sudah jelas dan memiliki program yang dilaksanakan bersama-sama dan untuk kesejahteraan semua," ucapnya.

Pria yang juga Wakil Pimpinan Redaksi Tribun Batam mengatakan, PWI adalah organisasi yang berupaya mewujudkan jurnalis profesional, menjunjung tinggi kode etik serta memberikan kontribusi bagi pembangunan.

"Kami yakin Bupati sangat mendukung kehadiran PWI. Kita berharap kepengurusan PWI yang baru benar-benar menjadi rumah bagi wartawan di sini," katanya menegaskan.

Sementara itu, Bupati Karimun Nurdin Basirun mengatakan, PWI sebagai organisasi profesi tidak hanya sebagai wadah berhimpun wartawan, tetapi sebagai sarana untuk menumbuhkan jurnalis yang profesional, menjunjung kode etik serta memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah.

"Secara pribadi, kedekatan saya dengan wartawan sudah sangat dekat, sama juga dengan semua elemen masyarakat lainnya. Hubungan silaturrahmi itu sudah terjaga dan teruji sejak lama," kata dia.

Ia juga mengatakan peranan jurnalis sangat besar dalam mendorong pembangunan di Karimun, meski kepengurusan PWI sempat mengalami kevakuman dalam periode 2008-2014.

"Sebenarnya tidak vakum. Buktinya peranan jurnalis sangat baik selama ini. Kalau ada berita yang 'pincang-pincang', jika untuk perbaikan tentu saya terima dan dukung. Saya memberi nilai A plus bagi jurnalis di sini," ucapnya.

Dalam pemungutan suara, Sandi Pramosinto yang juga ketua periode 2005-2008, serta Plt ketua selama kevakuman, kembali terpilih sebagai ketua sekaligus ketua formatur.

Sandi dalam visi dan misinya menyatakan akan melaksanakan sejumlah program kerja yang telah disusun, antara lain meningkatkan kesejahteraan anggota, mengakomodasi wartawan yang lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sebagai anggota PWI, serta menjalin kemitraan dengan berbagai pihak dalam melaksanakan roda organisasi.

"Kami mengajak semua wartawan dari media manapun untuk bergabung menjadi anggota PWI, terutama yang telah lulus UKW yang kita adakan beberapa waktu lalu," ucapnya.

Berdasarkan musyawarah tim formatur, selama tiga tahun ke depan, Sandi didampingi Riyadi sebagai sekretaris dan Raja Zuraimi sebagai bendahara. Sedangkan kepengurusan lengkap segera disusun waktu tidak terlalu lama.

Selain pemilihan ketua dan pengurus baru, konferensi tersebut juga mengagendakan penyampaian laporan pertanggungjawaban kepengurusan lama periode 2005-2008, serta penyusunan program kerja untuk kepengurusan periode 2014-2017. (Antara)

Editor: Miskudin Taufik

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE