Pulau Serasan dan Midai Butuh Pelabuhan

id Pulau Serasan, dan Midai Butuh, Pelabuhan

Tanjungpinang (Antara Kepri)  - PT Pelni Cabang Tanjungpinang, mendesak  pemerintah menyiapkan pelabuhan kapal di Serasan dan Midai untuk mempermudah jangkauan armada Pelni.

"Selama ini kami menaikan dan menurunkan penumpang di tengah laut, karena  untuk daerah Serasan dan Midai tidak dilengkapi dengan pelabuhan untuk kapal besar, " kata Kepala Pelni Cabang Tanjungpinang, Norkilamami.

Pentingnya sarana pelabuhan untuk mempermudah jangkauan Pelni tersebut juga  sebagai upaya memberi kenyamanan dan keselamatan bagi penumpang.

"Yang kami khawatirkan itu apabila terjadi cuaca buruk, badai, arus kuat  dan gelombang tinggi yang mengakibatkan risiko keselamatan penumpang,"  katanya.

Antisipasinya, kata Norkilamami, penumpang batal diturunkan di Serasan dan  Midai, tetapi diangkut lalu diturunkan di Pontianak tanpa menambah biaya.

"Karena lebih baik kami mengangkut mereka dari pada nanti resikonya kami  mengangkut mayat," tegasnya.

Sementara itu, upaya mengembangkan daerah tersebut terus dilakukan Pelni, meskipun jumlah penumpang dari dan ke Serasan serta Midai, minim.

"Jika dihitung berdasarkan jumlah penumpang, bisa dikatakan kita rugi.  Karena penumpang dari dan tujuan Serasan dan Midai sekitar 15 orang,"  ucapnya.

Ia mengatakan, meskipun jumlah penumpangnya minim, namun Pelni rutin dan tetap melayani.

"Karena bagaimana masyarakat bisa tumbuh dan berkembang jika tidak ada  transportasi yang masuk ke daerah tersebut," paparnya.

Untuk itu, ia harapkan ada perhatian pemerintah membangun pelabuhan untuk kapal besar demi keselamatan masyarakat. Terutama di Serasan yang memiliki  potensi rawan hujan badai dan arus kuat. (Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE