Polda Kepri-BRI Luncurkan Kartu Tanda Anggota Elektronik

id Polda,Kepri,BRI,Kartu,Tanda,Anggota,Elektronik,polisi,polri

Batam (Antara Kepri) - Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Polda Kepri) dan PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk (BRI) bersinergi menerbitkan Kartu Tanda Anggota (KTA) Elektronik untuk polisi yang bertugas di daerah itu.

"Ini program Polri di mana anggota akan mendapatkan kartu multifungsi tersebut," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kepri, AKBP Hartono di Batam, Kamis.

Ia mengatakan yang unik dari KTA Elektronik itu yakni kartu tersebut juga dapat berfungsi sekaligus sebagai kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan uang elektronik BRI atau BRIZZI.

Dengan fungsinya sebagai uang elektronik BRI atau BRIZZI, kartu tersebut dapat digunakan sebagai alat bayar di beberapa operator transportasi umum, seperti busway dan commuter line serta merchant-merchant belanja yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Kartu tersebut sudah menggunakan teknologi microchip. Jadi dengan memanfaatkan teknologi microchip, KTA Elektronik Polri ini selain menjadi data berjalan yang berisi tentang riwayat hidup personil (RHPP) juga memiliki beberapa fungsi lainnya," kata dia.

Penerapan KTA Elektronik tersebut, kata dia, juga bertujuan untuk meningkatkan fungsi KTA itu dan memberikan nilai tambah serta sejalan dengan terbitnya Perdirjen Kemenkeu No PER-43/PB/2013 tentang Tata Cara Pembayaran Belanja Pegawai pada Satker Polri: Pasal 43 ayat 2.

Dalam peraturan tersebut, kata dia, dinyatakan bahwa pembayaran gaji induk dilaksanakan langsung kepada anggota atau PNS Polri melalui rekening masing-masing secara Giral.

"Sehingga penyaluran hak-hak anggota Polri dapat dilakukan dengan memenuhi asas tepat orang, tepat waktu dan tepat jumlah," ujar Hartono.

Peluncuran kartu tersebut sebenarnya sudah dilakukan oleh BRI dan Polri di Mabes Polri pada saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-68 Polri.

Secara bertahap, kartu yang juga terdapat nama, pangkat dan keterangan lain pemiliknya, juga akan dimiliki semua anggota polri di seluruh Indonesia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE