Gubernur: Batam Harus Memotivasi Daerah Lain

id Gubernur,Batam,hut,motivasi,Daerah,kepri,ekonomi,investasi

Batam (Antara Kepri) - Gubernur Kepulauan Riau Muhammad Sani mengingatkan semua pihak agar keberhasilan ekonomi di Kota Batam harus memotivasi daerah lain di Kepulauan Riau untuk meraih prestasi serupa.

"Batam harus memotivasi yang lain," kata Gubernur usai menghadiri Sidang Istimewa DPRD Kota Batam memperingati HUT Batam yang ke-185 di Batam Kepri, Kamis.

Batam menjadi motor ekonomi di Kepri, dengan kontribusi pertumbuhan ekonomi yang mencapai 72 persen dari total pertumbuhan ekonomi di Kepri, sedangkan 28 persen lainnya dibagi enam kabupaten/ kota lainnya.

Gubernur mengakui pembangunan di Batam relatif lebih baik dibanding kabupaten/kota lainnya.

Kesuksesan itu, menurut dia, bukan hanya karena dorongan pemerintah kota, melainkan juga sumbangsih Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (BP KPBPB) Batam, pelaku industri dan jasa yang menggerakkan roda perekonomian dengan kota di Selat Malaka itu.

Meski begitu, Pemprov Kepri terus mendorong agar kabupaten/kota lain dapat tumbuh beriringan bersama Batam.

"Ada dua kuncinya, yang selalu saya bilang yaitu pengembangan BBK dan NAL serta konektivitas antar pulau," kata Gubernur menjelaskan.

Batam, Bintan dan Karimun (BBK) dikembangkan sebagai kawasan industri dengan payung hukum UU KPBPB. Natuta, Anambas dan Lingga dikembangkan sebagai objek pariwisata serta industri perikanan.

Sedangkan Tanjungpinang sebagai ibu kota provinsi tidak disebutkan oleh Gubernur.

Sementara itu, Wali Kota Batam Ahmad Dahlan dalam sambutannya mengatakan Pemda Batam menyadari bahwa kemajuan pembangunan yang dicapai bukan karena kehebatan pemerintah namun karena dukungan seluruh elemen masyarakat.

"Dengan Kemajuan pembangunan yang telah dicapai selama ini, hendaknya kita jadikan motivasi dan melakukan evaluasi untuk melangkah kedepan dengan mempersembahkan yang terbaik bagi Kota Batam," katanya.

HUT Batam ke-185 diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat komitmen selalu memberikan yang terbaik demi perkembangan dan kemajuan Kota Batam.

"Dengan membulatkan tekad, bekerja keras, meningkatkan kinerja dan mempertebal kebersamaan sesuai dengan profesi masing-masing untuk secara bersama-sama membangun Kota Batam," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE