PWI Kepri Berikan Pelatihan Kehumasan Instansi-Perusahaan

id PWI,kepri,Pelatihan,Kehumasan,Instansi,Perusahaan,polda,polisi

Batam (Antara Kepri) - Persatuan Wartawan Indonesia dan Polda Kepri memberikan pelatihan kehumasan pada jajaran Kepolisian, TNI, perusahaan, Bea dan Cukai agar mengerti informasi yang seharusnya diberikan saat menghadapi pencari berita.

"Humas adalah corong dari lembaga atau perusahaan yang bertugas memberikan informasi termasuk bagi pewarta untuk kepentingan pemberitaan. Jadi harus bersinergi, agar terjalin komunikasi yang baik," kata Sekretaris PWI Kepri, Saibansah Dardani usai acara di Polda Kepri, Kamis.

Ia mengatakan, selama ini masih banyak informasi yang ditutup-tutupi oleh instansi, bukan karena informasi tersebut rahasia namun ketidak pahaman pejabat humas untuk menyampaikan informasi tersebut pada masyarakat melalui pemberitaan.

"Ini yang harus disingkronkan. Agar informasi tersebut tersampaikan secara baik ke masyarakat, khususnya melalui pemberitaan pada mesia massa," kata dia.

Pada sisi wartawan, lanjutnya, selama ini PWI sering juga menerima aduan atas kinerja yang dianggap tidak sesuai dengan kode etik jurnalistik.

"Sama seperti Dewan Pers, kami juga sering menerima aduan dari berbagai lembaga atau instansi bahkan perorangan yang merasa dirugikan dari pemberitaan yang tidak seimbang," kata Saiban.

Saiban mengatakan, untuk meminimalisasi hal tersebut, PWI dan lembaga berwenang lain terus melakukan uji kompetensi agar wartawan tahu cara mencari data, menulis berita dan menyajikannya sesuai dengan kenyataan.

"PWI Kepri juga sudah menggelar Sekolah Jurnalisme Indonesia yang pertama. Itu salah satu upaya memberikan pendidikan pada wartawan," katanya.

Dalam kegiatan tersebut juga menghadirkan narasumber Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kepri Azuardi yang banyak memaparkan mengenai komplain dari lembaga atau instansi yang diberitakan oleh wartawan.

Kabid Humas Polda Kepri, AKBP Hartono mengatakan, dengan adanya narasumber dari PWI dan KPID Kepri diharapkan pengertian pejabat humas atau stafnya mengerti apa yang harus disampaikan jika ada wartawan mencari data informasi untuk pemberitaan.

"Kami ingin pejabat humas atau stafnya, khususnya di Polda Kepri dan jajaran Polres di Kepri bisa memahami tugas wartawan dan memberikan informasi yang sesuai," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE