Kemhub Kirim 15 Unit Bus untuk Batam

id Kemhub,Kirim,Bus,Batam,trans

Batam (Antara Kepri) - Kementerian Perhubungan mengirimkan 15 unit bus untuk digunakan sebagai transportasi publik di Kota Batam Kepulauan Riau, kata Kepala Dinas Perhubungan Zulhendri di Batam, Senin.

Pengadaan 15 unit bus itu menggunakan anggaran APBN 2015 dan diharapkan tiba di Batam pada awal 2015. "Kami juga sudah menyiapkan dana pendamping untuk mendatangkan bus ke Batam," katanya.

Setiap bus didanai Rp35 juta untuk biaya transportasi dari Jakarta ke Batam, karena pemerintah pusat hanya menganggarkan pengadaan bus, tidak untuk distribusi bus ke daerah.

Menurut dia, sebenarnya pengiriman 15 unit bus untuk Batam sudah direncanakan sejak beberapa waktu lalu. Namun, sempat terkendala dana pendamping, sehingga tertunda.

Rencananya, jika sudah tiba di Batam, 15 unit bus itu akan digunakan untuk Trans Batam Koridor Satu, rute Batam Kota-Sekupang.

"Kami perkuat dulu Koridor Satu, jika sudah kuat baru dikembangkan koridor yang lain," kata dia.

Saat ini, koridor satu sudah dilengkapi lebih dari 10 unit bus ukuran sedang. Namun, kebanyakan dari bus itu kondisinya buruk.

"Jika bus itu sudah tiba, maka Pemkot bekerja sama dengan perbankan akan langsung memasang alat pembayaran tiket elektronik di dalam bus. Sesuai dengan target pemerintah, seluruh transaksi Trans Batam Koridor Satu menggunakan tiket elektronik pada 2015," katanya.

Ia mengatakan, jika pelaksanaan tiket elektronik koridor satu berhasil, maka akan diterapkan di seluruh koridor Trans Batam.

"Kami fokus dulu di koridor Sekupang-Batam Kota. Kami benahi apa yang kurang di sana, baru kemudian ke koridor lain, Batuaji-Batam Kota," katanya.

Sementara itu, petugas BRI, Herlini, mengatakan pihaknya mulai membagikan tiket elektronik kepada seluruh penumpang Trans Batam sejak awal Desember.

"Sebagai langkah awal, kami memberikan kartu ini gratis kepada seluruh penumpang, tapi tidak ada isinya. Penumpang bisa melakukan 'top up' untuk pembayaran bus," kata Herlini. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE