Dinas Kebersihan Pastikan Batam Bersih saat Natal

id Dinas,Kebersihan,sampah,Batam,Bersih,Natal

Batam (Antara Kepri) - Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam Kepulauan Riau memastikan kota itu tetap bersih saat perayaan Natal hingga Tahun Baru 2015 dengan memaksimalkan tenaga petugas kebersihan di penjuru kota.

"Di lokasi yang menjadi konsentrasi massa, jumlah petugasnya akan lebih banyak. Meski begitu secara umum kami bukan menambah personel, hanya memaksimalkan tenaga yang dimiliki," kata Kepala Bidang Kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam Yudi Admaji di Batam, Selasa.

Ia mengatakan masyarakat Batam tidak perlu khawatir dengan sampah rumah tangga yang menumpuk saat libur Natal dan Tahun Baru, seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

DKP menyiagakan 254 orang petugas kebersihan untuk mengantisipasi penumpukan sampah selama perayaan Natal 2014 dan tahun baru 2015.

Selain yang bertugas menjemput sampah rumah tangga, petugas kebersihan juga ditempatkan di titik konsentrasi masyarakat selama perayaan itu.

"Bahkan, pengawas dan Kabid juga akan turun langsung membersihkan sampah," kata dia.

DKP juga menyiapkan 26 unit "dumptruck", armroll, 34 unit pick up serta 33 unit becak motor untuk mengangkut sampah.

Ia menduga, volume sampah saat Malam Natal, Hari Natal dan Malam Tahun Baru masing-masing mencapai 800 ton, atau meningkat sekitar 50 ton dibanding hari biasa.

Sementara itu, warga Sekupang Batam Zulhelmi berharap DKP serius menangani sampah saat Hari Libur Nasional, karena pada saat itu sampah warga kerap menumpuk hingga berhari-hari.

"Bagaimanalah agar diatur waktu kerja petugas kebersihannya. Jangan sampai tanggal merah semua pekerjanya libur. Sampah ini limbah," kata dia.

Apalagi, biasanya volume sampah justru meningkat saat libur nasional seperti Lebaran dan Natal, kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE