Legislator Kepri Dapil Karimun Serap Aspirasi Masyarakat

id Legislator,Kepri,Dapil,Karimun,Serap,Aspirasi,kundur,belat,Masyarakat,reses,dprd

Karimun (Antara Kepri) - Lima anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau dari daerah pemilihan Kabupaten Karimun menggelar reses atau masa istirahat dari persidangan dengan menyerap aspirasi masyarakat di Kecamatan Belat, Kundur Utara dan Kundur, Rabu.

Kelima legislator tersebut masing-masing Iskandarsyah dari Partai Keadilan Sejahtera, Joko Nugroho dari Demokrat, Yusrizal dari Hanura, Rocky Marciano Bawole dari Partai Kebangkitan Bangsa dan Ery Suandi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Mereka menggelar pertemuan dengan camat, kepala desa/lurah dan tokoh masyarakat secara berturut-turut mulai dari pertemuan di Kantor Camat Belat di Desa Sebele, Kantor Camat Kundur Utara di Tanjung Berlian dan ditutup dengan pertemuan di sebuah warung makan di Pantai Gading, Kecamatan Kundur.

Iskandarsyah yang juga Ketua Komisi II DPRD Kepri mengatakan, reses merupakan agenda anggota dewan di luar persidangan diisi dengan menyerap aspirasi masyarakat di daerah pemilihan masing-masing.

"Khusus untuk kami dari dapil Karimun, sepakat bersama-sama menyerap aspirasi masyarakat di tiga kecamatan tersebut. Seharusnya kami enam orang, tapi satu orang yaitu rekan Raja Bakhtiar (Golkar) tidak bisa ikut dalam kegiatan hari ini," kata dia di sela-sela pertemuan di balai pertemuan Kantor Camat Belat.

Ia mengatakan, aspirasi masyarakat yang disampaikan akan dihimpun untuk selanjutnya diupayakan untuk dianggarkan dalam APBD Provinsi Kepri tahun mendatang.

"Usulan atau aspirasi yang ditampung tentu sesuai dengan kewenangan provinsi. Kami minta maaf kalau ada usulan yang tidak terakomodasi karena merupakan wewenang kabupaten," kata dia.

Yusrizal mengatakan, setiap aspirasi yang masuk akan diperjuangkan untuk dibahas dalam rapat-rapat di DPRD Kepri. Dan kebetulan, menurut dia, tidak semua legislator dari dapil Karimun berada pada satu komisi, sehingga mereka bisa memperjuangkan sesuai bidang yang menjadi kewenangan komisinya.

Ia mengatakan menjabat Sekretaris Komisi IV membidangi pendidikan dan kesehatan, Iskandarsyah Ketua Komisi II membidangi pendapatan, keuangan, pertanian dan perkebunan, Joko Nugroho, Ery Suandi dan Rocky Marciano Bawole di Komisi I yang membidangi hukum dan pemerintahan.

"Jadi, setiap aspirasi akan diperjuangkan sesuai dengan keanggotaan di komisi," kata dia.

Ery Suandi mengatakan mencatat dan akan memperjuangkan setiap aspirasi yang disampaikan, seperti yang disampaikan lurah, ketua RT dan RW di Kelurahan Gading, Kecamatan Kundur.

"Ada yang minta pengaspalan jalan, penganggaran batu miring untuk Pantai Gading, pembangunan rumah ibadah dan lainnya. Semuanya kita tampung dan kita perjuangkan.

Joko Nugroho mengatakan, reses tersebut tidak hanya menyerap aspirasi terhadap pembangunan yang belum terealisasi, tetapi juga menerima masukan terhadap pembangunan yang telah berjalan tapi masih perlu dilanjutkan.

"Kadang aspirasi yang diserap tidak terlaksana karena masalah teknis. Untuk itu, kami perlu masukan untuk dibahas dan dievaluasi," kata dia.

Rocky Marciano Bawole menambahkan, kegiatan yang sama akan dilanjutkan dengan menyerap aspirasi masyarakat dari kecamatan lain, termasuk empat kecamatan di Pulau Karimun Besar, Moro dan Durai.

Sementara itu, Camat Belat Saipol menyambut baik kegiatan anggota DPRD Kepri dari dapil Karimun tersebut. Saipol berharap kebutuhan pembangunan di kecamatan yang baru dimekarkan itu dapat dipenuhi melalui APBD Provinsi Kepri.

"Salah satu infrastruktur yang dibutuhkan di kecamatan ini adalah pengaspalan jalan penghubung antardesa," kata dia. (Antara)

Editor: Jo Seng Bie

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE