Penumpang Kapal di Karimun Meningkat Jelang Natal

id Penumpang,syahbandar,Kapal,tahun,baru,mudik,Karimun,Jelang,Natal

Karimun (Antara Kepri) - Penumpang kapal reguler dari pelabuhan domestik Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, meningkat menjelang Hari Raya Natal 2014, Rabu.

"Peningkatan terjadi pada kapal jurusan Riau daratan. Ada penambahan kapal ke jurusan itu, tapi kapal itu berlayar langsung dari Batam tujuan Dumai dan Pekanbaru, tidak singgah di Karimun," kata Kepala Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Balai Karimun Barlet Siahaan di Tanjung Balai Karimun, Rabu.

Barlet mengatakan peningkatan penumpang ke Riau daratan diperkirakan 20 persen dibandingkan saat normal. Sedangkan kapal jurusan lain, seperti ke Batam atau Tanjungpinang, menurut dia, masih normal.

"Belum ada penambahan kapal ke jurusan tersebut. Namun, kapal cadangan tetap kita siagakan jika terjadi lonjakan," ucapnya.

Ia mengatakan jauh-jauh hari telah mempersiapkan kapal-kapal untuk melayani penumpang yang ingin mudik merayakan Natal di kampung halaman.

"Prosedurnya sama seperti mudik Lebaran. Selain menyiapkan kapal cadangan, kita juga jauh-jauh hari telah memeriksa kelaikan setiap kapal agar siap mengangkut pemudik," kata dia.

Ia juga mengatakan tetap memantau keberangkatan setiap kapal agar tidak mengangkut penumpang melebihi kapasitas.

"Itu sudah SOP. Kapal tidak kita izinkan berlayar jika mengangkut penumpang melebihi kapasitas," tegasnya.

Dalam kesempatan itu ia juga terus memantau kondisi cuaca mengingat saat ini sedang musim hujan disertai cuaca tidak menentu. Ketinggian gelombang, menurut dia, relatif lebih tinggi dibandingkan biasanya sehingga memerlukan kewaspadaan nakhoda.

"Kami terus berkoordinasi dengan BMKG terkait cuaca di laut. Kalau tidak memungkinkan, maka kami akan menunda keberangkatan kapal demi keselamatan pelayaran," ucapnya.

Berdasarkan pantauan, arus penumpang turun maupun naik relatif lancar dan semua penumpang pada semua jurusan berangkat sesuai jadwal. Kondisi cuaca juga cukup bagus dibandingkan sehari sebelumnya yang diguyur hujan deras selama sekitar enam jam.

Tes Urine
   

Sementara itu, Kepolisian Resor Karimun, Rabu, usai apel gelar pasukan Operasi Lilin Seligi, mengadakan tes urine bagi petugas pengamanan dan nakhoda kapal sebagai bagian dari pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2015.

Pemeriksaan tes urine dilakukan di markas Kepolisian Kawasan Pelabuhan Tanjung Balai Karimun. Setiap nakhoda kapal reguler pada semua jurusan tidak luput dari pengecekan urine.

"Tes urine dilakukan untuk memastikan nakhoda tidak mengonsumsi narkoba. Tujuannya untuk keselamatan pelayaran," kata Kapolres Karimun AKBP Suwondo Nainggolan.

Dalam kegiatan itu, seluruh nakhoda yang menjalani tes urine negatif atau tidak terdeteksi menggunakan narkoba. (Antara)

Editor: Ridwan Chaidir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE