Hang Nadim Targetkan Pertumbuhan Penumpang 22 Persen

id Hang,Nadim,Target,Pertumbuhan,Penumpang,bandara,batam

Batam (Antara Kepri) - Pengelola Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, menargetkan pada 2015 jumlah penumpang jasa penerbangan naik 22 persen dari 4,8 juta orang capaian 2014.

"Tahun ini kami targetkan kenaikan sekitar 1.056.000 penumpang atau 22 persen dibanding total pengguna jasa selama 2014," kata Plt Kepala Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Jumat.

Target tersebut, kata dia, dibuat dengan melihat pertumbuhan rute penerbangan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam terutama untuk jalur domestik.

"Awal tahun ini segera dibuka rute baru dari Batam ke Banjarmasin oleh Garuda Indonesia. Lion Air juga akan menambah frekuensi ke Medan dan Surabaya. Sementara New Jatayu Air juga segera terbang dari Batam," kata dia.

Suwarso menargetkan, sepanjang 2015 jumlah penerbangan dari Batam khususnya untuk melayani jalur domestik tumbuh 10 persen.

"Saat ini sudah ada sekitar 116 penerbangan berjadwal di Hang Nadim. Setidaknya harapan kami akan ada minimal 11 penerbangan baru pada 2015 sehingga target pertumbuhan penumpang akan tercapai," kata Suwarso.

Bandara Internasional Nadim Batam memiliki kapasitas 5 juta penumpang pertahun. Jika jumlah penumpang naik hingga 22 persen dari 4,8 juta, maka akhir 2015 pengguna jasa penerbangan di Batam akan mencapai 5,9 juta orang.

"Untuk menyiasati sebelum pembangunan terminal kedua dilakukan, kami akan memaksimalkan slot malam agar tidak terjadi penumpukan pada pagi hingga sore hari," kata dia.

Saat ini, kata dia, slot pagi yang tersedia hanya di bawah pukul 07.00 WIB, untuk slot sore antara pukul 15.00 WIB sampai 17.00 WIB.

"Karena kami sudah beroperasi 24 jam, maka diharapkan penerbangan-penerbangan baru akan mengambil slot di atas pukul 19.00 WIB sampai pagi hari di bawah pukul 08.00 WIB," kata Suwarso. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE