Bupati Karimun Apresiasi Wartawan Promosikan Kemaritiman

id Bupati,Karimun,Apresiasi,Wartawan,Promosi,Kemaritiman,jurnalis,pwi

Karimun (Antara Kepri) - Bupati Karimun Nurdin Basirun mengapresiasi insan pers, khususnya alumni Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Kepulauan Riau yang ikut mempromosikan potensi kemaritiman kabupaten setempat.

"Pengembangan potensi kemaritiman perlu dukungan media. Kami berterima kasih adanya gagasan dari kalangan wartawan untuk membantu mempromosikannya melalui media," kata dia di Tanjung Balai Karimun, Jumat.

Sebanyak 25 alumni SJI PWI Kepri angkatan I menggelar kunjungan  ke Kecamatan Moro pada Sabtu (10/1) dan ke pulau terluar Takong Hiu Kecamatan Tebing pada Minggu (11/1).

Di Kecamatan Moro, para jurnalis akan berdiskusi dan menggelar wawancara dengan para pembudidaya rumput laut, keramba ikan dan industri rumah tangga berbasis kemaritiman dipandu Dinas Kelautan dan Perikanan Karimun. Sedangkan di Pulau Takong Hiu melihat keberadaan pulau perbatasan serta pengamanannya oleh Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjung Balai Karimun.

"Karimun daerah kepulauan yang strategis karena berada di perbatasan. Pemerintah terus berupaya mengembangkan potensi kemaritiman, baik bidang perikanan, rumput laut maupun industri jasa," kata dia.

Ia memaparkan, Kecamatan Moro yang ditetapkan sebagai kawasan minapolitan semasa Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah sejak lama menjadi pusat pengembangan budidaya rumput laut, karamba ikan dan usaha kecil dan menengah yang menjadi turunannya.

"Laut Moro yang jernih sangat potensial untuk pengembangan rumput laut dan karamba ikan. Bahkan, satu perusahaan asal Australia, Aquabis berencana membangun pusat pembibitan dan pemeliharaan ikan menggunakan karamba menggunakan teknologi canggih. Nilai investasinya mencapai 25 juta dolar Amerika," ucapnya.

Nurdin mengatakan di Kecamatan Moro juga berpotensi untuk pengembangan wisata maritim, salah satunya di Pulau Telunas yang memiliki pantai yang indah dengan laut biru yang jernih.

"Pantai Telunas, sudah lama menjadi daerah kunjungan wisatawan mancanegara," kata dia.

Untuk itu, dia berharap media terus meningkatkan peranannya dalam membantu pemerintah mempromosikan potensi kemaritiman yang selaras dengan visi poros maritim yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

"Wartawan dan media di Kepri, khususnya di Karimun kami nilai sudah cukup bagus. Kontribusinya dalam mempromosikan potensi daerah cukup tinggi," kata dia.

Ketua penyelenggara "roadshow" alumni SJI PWI Kepri Ahmad Suhartoni Damanik menambahkan, tur yang bertema "Peranan Jurnalisme dalam Membangun Kawasan Maritim di Daerah Perbatasan Karimun" merupakan bentuk dukungan nyata para pewarta dalam mendukung visi poros maritim Presiden Joko Widodo.

"Kami memilih Karimun karena sektor kemaritimannya sangat potensial. Ini merupakan sumbangsih kami kepada pemerintah," ucapnya.

Ke-25 pewarta yang akan mengikuti kegiatan tersebut, termasuk juga di dalamnya beberapa humas instansi pemerintah tersebut merupakan alumni SJI Tahap Dasar Angkatan I yang diselenggarakan PWI Cabang Kepri pada November 2014. (Antara)

Editor: Jo Seng Bie

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE