Batam Bidik Wisman Asal Tiongkok

id Batam,Bidik,Wisman,Tiongkok,wisata,mancanegara

Batam (Antara Kepri) - Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Batam, Kepulauan Riau, membidik wisatawan mancanegara asal Tiongkok untuk menggenjot kunjungan wisman ke kota di perbatasan Indonesia dengan Singapura itu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Batam Yusfa Hendri di Batam, Jumat, mengatakan Batam memiliki beberapa tujuan wisata khas yang dianggap dapat menarik wisman asal Tiongkok di antaranya di Komplek Golden City Bengkong.

"Di Komplek Golden City terdapat replika Kapal Laksamana Cheng Ho yang langsung dibawa dari Tiongkok," kata Yusfa.

Di kompleks itu juga sedang dibangun Masjid Laksamana Cheng Ho yang diharapkan bisa menjadi magnet wisatawan asal Negeri Tirai Bambu.

Pemkot Batam berharap dapat menjual paket wisata yang menyajikan kisah perjalanan heroik Laksamana Cheng Ho kepada warga Tiongkok.

Senada dengan Yusfa, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Guntur Sakti mengatakan wisatawan asal Tiongkok menjadi target pariwisata di daerah itu.   
"Karena memang jumlah wisman mereka banyak ke Indonesia," kata dia.

Selain di Batam, destinasi pariwisata bernuansa Laksamana Cheng Ho juga terdapat di Pulau Bintan. Sayang, situsnya belum dikembangkan maksimal.

Guntur mengatakan pihaknya bersama Kementerian Pariwisata juga sedang merancang destinasi wisata baru bernuansa Laksamana Chen Ho. Sayang dia enggan membocorkannya.

"Nanti dulu, karena masih tataran ide yang belum matang. Nanti, kalau sudah matang benar, baru saya publikasikan," kata dia.

Sementara itu, Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Batam mencatat sebanyak 1.444.650 kunjungan oleh wisatawan mancanegara ke kota itu sepanjang tahun 2014, melebihi target pemerintah kota yang hanya 1.400.000 kunjungan.

Capaian kunjungan wisman ke Batam pada 2014 juga meningkat sekitar delapan persen dari tahun sebelumnya yang hanya 1.336.430 kunjungan. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE