DPRD Kepri Minta Pelni Operasikan KM Lawit

id DPRD Kepri, Minta Pelni, Operasikan KM Lawit

Tanjungpinang (Antara Kepri) - DPRD Kepri meminta Pelni mengoperasikan KM Lawit sebagai kapal alternatif mengangkut masyarakat Natuna dan Anambas menjelang proses lelang kapal Perintis yang diperkirakan final Februari 2015.

"Kita meminta kepada Pelni untuk mengoperasikan KM Lawit ke Natuna dan Anambas, karena kondisi di daerah tersebut sudah mulai menunjukkan kelangkaan bahan pokok yang semakin bertambah buruk," kata Sekteraris Komisi III DPRD Kepri, Sofyan Samsir.

Selain itu, DPRD Kepri juga meminta Pelni untuk mengganti rute pelayaran KM Lawit dengan yang baru melewati Kijang-Letung-Tarempa-Midai-Ranai-Serasan-Pontianak.

"Setiba di Pontianak, KM Lawit tidak lagi memutar rute awal, tetapi kembali pada rute sebelumnya," ucap fraksi Golkar tersebut.

Sementara itu, Kepala PT Pelni Persero cabang Tanjungpinang, Norkilamami, bersedia menjadikan KM Lawit sebagai kapal alternatif menunggu lelang Perintis tersebut.

Akan tetapi, katanya pada Antara, seandainya DPRD maupun Pemerintah Kepri meminta Lawit untuk melakukan pelayaran dalam waktu dekat ini, maka Pelni cabang Tanjungpinang menginginkan agar pihak - pihak terkait bisa langsung menyampaikan permintaan tersebut kepada Kementerian Perhubungan di Pusat.

"Kita hanya mengikuti arahan dari pemerintah Pusat, seandainya Pusat menyetujui, kita siap," katanya.

Sama halnya dengan pergantian rute KM Lawit yang dimita dewan. Baiknya sambung Norkilamami, hal ini langsung disampaikan ke Pusat, karena rute yang sudah ada sekarang ini, merupakan rute yang telah ditetapkan oleh Pusat. (Antara)


Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE