Tanjungpinang Bakal Alami Suhu Ekstrim

id Tanjungpinang Bakal, Alami, Suhu Ekstrim

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Berdasarkan data yang dimiliki Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang, membuktikan Kota Gurindam ini pernah mengalami kondisi panas dengan suhu tertinggi di atas 35,8 derajat Celcius dan kondisi tersebut bakal terjadi lagi.

Pemanasan global yang terjadi pada 1981 tersebut dalam catatan  BMKG Tanjungpinang merupakan kondisi cuaca yang sangat ekstrim.

"Tidak menutup kemungkinan suhu panas di Tanjungpinang saat ini bisa kembali pada 1981," kata Kepala BMKG Tanjungpinang, Hartanto.

Dilihat dari beberapa faktor tentunya, suhu panas di Tanjungpinang bisa berada pada kategori ekstrim.

"Saat ini suhu panas di Tanjungpinang maksimal capai 31-32 derajat celcius yang belum dikategorikan ekstrim," ucapnya.

Sementara angka suhu panas ektrim itu berada di kisaran 35 derajat celcius.

Mengenai rentang cuaca panas saat ini, katanya akan terus berlanjut hingga akhir Januari sementara peralihan musim berlanjut pada Maret.

"Untuk gelombang masih tinggi kisaran 3-4meter di Anambas, Natuna dan Lingga, karena kecepatan angin masih tinggi capai 40 kilometer per jam," ucapnya.

Perlu diketahui, kata Hartanto, semenjak insiden yang menimpa Airasia QZ 8501, BMKG mendapat perhatian dari publik. Artinya, untuk segala aktifitas termasuk penerbangan, pemanfaatan informasi cuaca dari BMKG, menjadi prioritas khalayak ramai.

"Kami melaksanakan aktifitas seperti biasa, cuma dalam pemanfaatan informasi cuaca, setiap stekholder dan lainnya selalu memperhatikan perkembangan cuaca yang kita sampaikan," ujarnya.

Bahkan, dari insiden Airasia tersebut, Presiden Joko Widodo menekankan kepada BMKG untuk lebih meningkatkan pelayanan pada publik sesuai bidang. (Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE