Ratusan Buruh Batam Tuntut Diasuransikan

id Buruh,Batam,asuransi,bpjs,jaminan,sosial

Batam (Antara Kepri) - Ratusan buruh PT Mc Conell Dowell Services di Kawasan Industri Tanjunguncang Batam, Kepulauan Riau, Selasa masih mogok kerja guna menuntut dijadikan peserta Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan setelah pencabutan asuransi lama.

Pemogokan dilakukan pada areal dalam pabrik dimulai Senin, mengakibatkan kegiatan operasional pabrik terhenti total.

Mc Connell Dowell adalah perusahaan asing yang bergerak dalam bidang jasa fabrikasi, pipa, modul dan perakitan rak, struktur beton, modul beton.

"Kami hanya menuntut hak asuransi kesehatan dari manajemen perusahaan. Karena pekerjaan ini penuh risiko," kata seorang pekerja, Rizal.

Ia mengatakan, sebelumnya manajemen sudah menjanjikan BPJS akan keluar paling lambat Desember 2014, namun hingga pekan ketiga Januari 2015 belum ada realisasinya.

"Kami ingin perusahaan segera merealisasikan kepesertaan BPJS bagi seluruh karyawan agar aksi ini tidak berlarut-larut dan merugikan kedua belah pihak," kata dia.

Dalam aksi tersebut, buruh duduk-duduk dalam kawasan perusahaan. Sementara pintu gerbang perusahaan dijaga ketat oleh petugas keamanan.

Puluhan petugas polisi dari Polresta Barelang juga diturunkan untuk mengamankan aksi tersebut agar tidak berujung bentrok.

Sejumlah wartawan yang meliput aksi tersebut dan hendak meminta konfirmasi manajemen dan perwakilan serikat buruh juga dihalang-halangi petugas keamanan.

"Manajemen tengah melakukan rapat. Di sini juga tidak ada yang bisa memberikan keputusan," kata petugas pengamanan perusahaan dengan pakaian safari tanpa mau menyebutkan namanya.

Hingga sore, aksi mogok masih terus berlangsung dengan penjagaan ketat baik pengamanan internal maupun kepolisian.

Sejak akhir 2014, buruh sejumlah perusahaan di Batam juga melakukan aksi mogok dengan berbagai alasan, seperti menuntut kejelasan status, menolak pengangkutan mesin perusahaan yang diduga akan tutup. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE