Hanura Kepri Tidak Usung Kader Jadi Cagub

id Hanura,Kepri,Usung,Kader,Cagub,pilkada,pemilihan,gubernur

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Provinsi Kepulauan Riau dipastikan tidak mengusung kadernya menjadi calon gubernur, meski memperoleh peringkat keempat pada Pemilu Legislatif 2014.

"Ketua Hanura Kepri Amir Hakim tidak bersedia mencalonkan diri. Dia lebih realistis menghadapi Pilkada Kepri 2015," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu Hanura Kepri Sukhri Fahrial, yang dihubungi dari Tanjungpinang, Kamis.

Dia menambahkan Hanura berpedoman pada hasil survei internal. Berdasarkan hasil survei tersebut, Hanura melakukan langkah-langkah untuk memenangkan calon yang diusung dalam Pilkada Kepri.

Langkah yang diambil Hanura bukan menaikan popularitas kader internal seperti Amir Hakim yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kepri, melainkan meningkatkan komunikasi politik dengan pengurus PDIP.

Strategi itu sebagai langkah awal yang mengarah pada pengusungan Ketua DPW PDIP Kepri Surya Respationo sebagai Cagub Kepri.

"Kami akan berkoalisi dengan PDIP. Hal ini juga terjadi pada Pilkada Kepri 2010," katanya.

Sukhri mengatakan Hanura juga tidak berambisi menduduki jabatan Wakil Gubernur Kepri seandainya Surya berhasil memperoleh suara terbanyak. Jika regulasi Pilkada memberi hak kepada Cagub Kepri terpilih memutuskan siapa pendampingnya, maka hal itu diserahkan kepada Surya.

"Kami belum membahas siapa Calon Wakil Gubernur Kepri seandainya Surya Respationo terpilih menjadi gubernur," ujarnya.

Dia mengatakan Partai Golkar kemungkinan berkoalisi dengan Hanura dan PDIP. Saat ini, komunikasi politik semakin intensif dibangun dengan pengurus Partai Golkar.

"Jika kursi Calon Wakil Gubernur Kepri layak diisi oleh kader Partai Golkar, kami mendukungnya. Tetapi hal itu akan dibahas bersama terlebih dahulu," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE