BPJS Batam Bayarkan Klaim Kesehatan Rp240 Miliar

id BPJS,Batam,Klaim,Kesehatan,jaminan,sosial

Batam (Antara Kepri) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Batam Kepulauan Riau membayarkan klaim sebesar Rp240.000 sepanjang 2014 dari seluruh rumah sakit dan klinik yang bekerja sama dengan BPJS.

"Rata-rata tiap bulan kami bayarkan klaim Rp20 miliar, jadi sepanjang 2014 sekitar Rp240 miliar," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Batam Fahrurozi usai peresmian gedung baru kantor BPJS cabang Batam, Jumat.

Menurut dia, jumlah klaim memang terus meningkat, disebabkan atas kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan jasa BPJS Kesehatan.

Jumlah peserta BPJS Kesehatan juga terus bertambah. Ia mencatat saat ini sekitar 641.000 jiwa warga Batam yang terdaftar sebagai peserta BPJS, terdiri dari peserta Askes, pekerja penerima upah, Jamkesmas dan peserta mandiri.

"Perkembangan peserta mandiri hingga kini sudah 98.000 jiwa. Kondisi pendaftaran tiap hari ramai," kata dia.

Kepala BPJS Kesehatan Divisi Regional II Benjamin Saut mengatakan meningkatnya jumlah BPJS Kesehatan mandiri menunjukkan kesadaran masyarakat yang terus meningkat.

"Menunjukkan komunikasi bagus sudah sampai 'awareness' 95 persen," kata dia.

Selanjutnya, BPJS akan terus melakukan komunikasi yang baik agar kesadaran masyarakat semakin meningkat.

Di tempat yang sama, Wali Kota Batam Ahmad Dahlan mengatakan gedung baru BPJS diharapkan dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Karena selama ini BPJS hanya melayani masyarakat melalui rumah toko.

"Gedung baru ini didedikasikan sebagai sebagai wujud komitmen BPJS Kesehatan untuk melakukan peningkatan, konsistensi dan kesinambungan mutu pelayanan jaminan pemeliharaan kesehatan," kata dia.

Pemkot Batam menghargai performa dan reputasi BPJS Kesehatan dalam bersinergi dengan Pemda mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera.

"Apalagi dengan sarana dan prasarana yang jauh lebih nyaman dari sebelumnya serta SDM yang berkompeten," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE