Pemprov Kepri Bangun Kanal Sungai Tering 2016

id Pemprov,Kepri,Bangun,Kanal,Sungai,Tering,2016,batam

Batam (Antara Kepri) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) akan membangun Kanal Sungai Tering di Kota Batam Kepulauan Riau pada 2016 untuk menyelesaikan masalah banjir yang kerap terjadi di daerah padat penduduk itu.

"Pembangunan Kanal Sungai Tering akan dianggarkan pada 2016, saya berjanji. Karena tahun ini sudah tidak mungkin lagi," kata Gubernur Kepri Muhammad Sani dalam sarapan santai bersama masyarakat Sei Tering di Batam, Minggu.

Meskipun masa jabatannya akan habis pada Agustus 2015, namun ia berkomitmen untuk memasukkan anggaran pembangunan Kanal Sungai Tering dalam APBD 2016, setidaknya untuk dana awal.

Kanal itu dibutuhkan untuk menghindari meluapnya sungai akibat hujan.

Warga Sei Tering Kecamatan Batuampar, Sukamto Rahman, berharap Pemprov Kepri segera merealisasikan pembangunan Kanal Sungai Tering, karena sudah berkali-kali diusulkan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Batam, namun tidak terealisasi.

Ia bercerita setiap hujan, Sungai Tering selalu banjir. "Pujasera ini juga terendam," kata dia menunjuk tempat pelaksanaan sarapan santai bersama Gubernur Kepri.

Setiap kali hujan, warga menjadi tidak tenang karena khawatir rumahnya terendam dan perlengkapan rumah tangga ikut rusak.

Banjir di rumah warga mencapai satu hingga 1,5 meter dan itu terjadi setiap tahun.

Masyarakat percaya, jika kanal dibangun maka dapat membuka akses arus air hingga ke laut sehingga mencegah banjir.

"Kalau kanal dibuka sampai dasar, di sini tidak akan ada air," kata dia.

Hal senada dikatakan Ketua Forum Komunikasi RT RW Kelurahan Sungai Tering Rusmadi Wijaya, ia berharap Pemprov Kepri merealisasikan program penanggulangan banjir di daerah itu.

Ia mengatakan Wali Kota dan Wakil Wali Kota sudah berkali-kali datang ke daerah itu melihat kondisi masyarakat, namun pengajuan pembangunan kanal belum terealisasi juga.

"Kami harap Pemprov Kepri sudi merealisasikannya," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE