Wali Kota Dorong Anak Batam Lanjutkan Pendidikan

id Wali,Kota,ahmad,dahlan,Anak,Batam,Lanjut,perguruan,tinggi,Pendidikan

Batam (Antara Kepri) - Wali Kota Batam Kepulauan Riau Ahmad Dahlan mendorong agar anak-anak di kota itu terus melanjutkan pendidikan ke jenjang tertinggi demi meraih masa depan yang lebih gemilang.

Hal itu dikatakan Wali Kota saat memimpin upacara di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Batam.

Ia menyatakan meskipun lulusan SMK siap pakai dengan segala ilmu terapan yang didapatnya di sekolah, namun pelajar jangan pernah melupakan mimpi untuk kuliah.

"Semua jurusan siap pakai, insya Allah. Jangan pernah pesimis. Tapi sungguh pun kalian diterima di sektor tenaga kerja, jangan pernah surut cita-cita kalian untuk menjadi seorang sarjana," kata Wali Kota.

Walaupun dunia industri membuka kesempatan bagi lulusan SMK untuk bekerja di perusahaan, namun siswa-siswi sekolah kejuruan tetap harus bercita-cita menjadi seorang sarjana dan mewujudkan angan-angannya.

Menurut Wali Kota, intelektualitas seseorang didapatkan di bangku perguruan tinggi.

"Jangan pernah tidak bercita-cita jadi seorang sarjana. Kita harus realistis, di dunia kerja, peluang sarjana itu lebih besar," kata dia.

Meskipun sama-sama diterima bekerja di perusahaan, namun peluang karier lulusan perguruan tinggi lebih besar ketimbang lulusan SMK.

"Kalau di PT operatornya itu lulusan SMA, yang sarjana jadi supervisornya," kata Wali Kota menyemangati.

Jika tidak memiliki kesempatan untuk kuliah karena faktor dana, maka Wali Kota menyarankan anak muda untuk menyambinya dengan bekerja.

Apalagi, perguruan tinggi memberi kesempatan yang besar bagi para pekerja untuk menikmati bangku perkuliahan melalui kelas malam maupun kelas khusus akhir pekan. Sehingga tetap bisa kuliah meski sambil bekerja.

"Saya dahulu harus ke Yogyakarta untuk kuliah. Bapak-bapak ini ada yang ke Pekanbaru dan sebagainya. Kalian sekarang sudah di depan mata tersedia. Jangan disia-siakan," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE