Anak Suku Galang Batam Belum Nikmati Pendidikan

id Anak,Suku,Galang,Batam,Pendidikan

Batam (Antara Kepri) - Anak-anak suku asli Pulau Galang Kota Batam Kepulauan Riau hingga kini masih belum menikmati pendidikan meski tinggal di kota industri yang sarat teknologi canggih.

"Yang harus menjadi perhatian adalah pendidikan. Karena masih ada anak-anak di sana yang belum merasakan bangku pendidikan," kata Kepala Dinas Sosial dan Pemakaman Kota Batam Kamarulzaman setelah mengunjungi warga suku asli Pulau Galang, Kota Batam.

Sebenarnya akses pendidikan di sekitar Pulau Galang relatif baik, karena sudah ada sekolah mulai dari tingkat SD sampai dengan SMA di pulau-pulau sekitar. Akses menuju gedung sekolah juga relatif baik karena pemerintah kota menyiapkan bus pelajar.

Hanya saja pengetahuan dan keinginan warga asli Pulau Galang untuk menuntut ilmu belum terlalu tinggi, sehingga masih ada anak yang belum menikmati bangku sekolah.

Kepala Dinas bercerita, dalam kunjungannya saat itu, warga menyampaikan permintaan bantuan penerangan kepada Pemkot Batam.

Sebenarnya Pemkot Batam telah mengupayakan pengaliran listrik melalui panel tenaga surya untuk masyarakat pulau beberapa waktu lalu. Namun komponen dalam panel tenaga surya itu sudah banyak yang rusak dan perlu diganti.

"Masyarakat suku asli Galang ini menyampaikan beberapa aspirasinya. Salah satunya meminta bantuan penerangan, karena baterai panel surya yang dibantu pemerintah dulu, sudah tidak dapat dipergunakan. Mereka tidak mampu membeli komponen tersebut," kata Kepala Dinas.

Suku asli Pulau Galang juga meminta pemerintah memberikan bantuan bibit tanaman serta pupuk untuk bercocok tanam. Selain itu suku asli yang tinggal tujuh keluarga itu juga berharap bantuan jala atau bubu untuk menangkap ikan.

Sementara itu di pulau utama, saat memimpin upacara di SMK Negeri 2, Wali Kota Batam Ahmad Dahlan mendorong agar anak-anak di kota itu terus melanjutkan pendidikan ke jenjang tertinggi demi meraih masa depan yang lebih gemilang.

Menurut Wali Kota, intelektualitas seseorang didapatkan di bangku perguruan tinggi.

"Jangan pernah tidak bercita-cita jadi seorang sarjana," kata dia mengingatkan. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE