Bapedalda Batam Bantah Tidak Serius Tangani Limbah

id Bapedalda,pencemaran,lingkungan,Batam,Limbah,b3

Batam (Antara Kepri) - Badan Pengendali Dampak Lingkungan Kota Batam membantah tudingan tidak serius menangani limbah glasswool (sejenis busa peredam) di daerah Tanjungpiayu yang banyak dikeluhkan warga setempat.

Kepala Bapedalda Kota Batam Dendi Purnomo di Batam, Selasa, mengatakan, pihaknya sangat serius menangani kasus tersebut, namun untuk menetapkan seseorang/korporasi menjadi tersangka pencemar lingkungan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. 

"Sampai saat sekarang kasusnya masih dalam proses uji laboratorium untuk memastikan limbah tersebut masuk bahan berbahaya dan beracun (B3) atau sampah biasa," katanya.

Meskipun demikian, pihaknya telah memerintahkan PT Peng Yap M & E System untuk membersihkan limbah yang diduga B3 jenis glasswool tersebut dari lokasi pembuangan di Tanjungpiayu yang berada dekat dengan permukiman warga.

"Perintah pengangkatan dan pemindahan sudah sesuai dengan hasil rapat dengan pendapat dengan DPRD Kota Batam. Notulennya juga ada," kata Dendi.

Ia mengatakan, saat ini limbah tersebut diamankan di Kawasan Pengelolaan Limbah Industri (KPLI) Kabil dan masih dalam keadaan tersegel.

"Limbah tersebut dipindahkan untuk diamankan menunggu hasil uji laboratorium selesai dilakukan," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE