Gubernur Tandatangani Prasasti Pembangunan Ponton Tanjunguban

id Gubernur,kepri,sani,Tandatangan,Prasasti,Pembangunan,Ponton,pelabuhan,Tanjunguban

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) HM Sani menandatangani prasasti sebagai tanda diresmikannya penggunaan ponton di Tanjunguban, Kabupaten Bintan untuk meningkatkan pelayanan transportasi.

"Ponton ini dibangun dalam rangka menjawab program merangkai pulau melalui program konektivitas," kata Sani di pelabuhan Domestik, Tanjunguban, Rabu.

Menurut dia, peresmian ponton di Tanjung Uban merupakan salah satu jawaban dari janji Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri untuk mempermudah arus barang dan orang dari pulau ke pulau.

Konektivitas yang dimaksud gubernur tidak hanya menyangkut transportasi laut, tetapi juga darat dan udara.  Terkait transportasi laut, kata dia pembangunan yang dilakukan, seperti ponton dan pelabuhan untuk membuka daerah yang terisolir.

"Perekonomian bisa berjalan dengan baik dan kesejahteraan bisa dirasakan merata hingga ke pelosok daerah," katanya.

Dia mengatakan luas perairan di Kepri mencapai 96 persen. Kepri memiliki ribuan pulau yang tersebar di tujuh kabupaten dan kota.

"Tidak semua pulau bisa diakses dengan mudah. Karena itu, pembangunan pelabuhan dan ponton dilakukan agar akses transportasi terbuka," katanya. 

Gubernur mengatakan Pemerintah Kepri dalam beberapa tahun terakhir fokus membangun sektor kemaritiman. Pembangunan tidak dapat dilakukan secara cepat karena membutuhkan anggaran yang besar.

"Membuka akses transportasi di perairan itu membutuhkan dana yang jauh lebih besar dibanding daratan. Karena, selain ketersediaan kapal, juga harus didukung kesiapan pelabuhan dari kedua pulau yang akan dihubungkan," katanya.

Dia mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga ponton yang baru diresmikannya sehingga bertahan lama dan diharapkan dapat dimanfaatkan oleh generasi yang akan datang. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE