Dishub Karimun Usulkan Roro Penghubung Sejumlah Pulau

id Dishub,Karimun,Roro,Penghubung,Pulau,kapal,penyeberangan

Karimun (Antara Kepri) - Dinas Perhubungan Kabupaten Karimun mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau agar mengadakan kapal motor penyeberangan atau roro (roll on roll off) sebagai sarana transportasi penghubung sejumlah pulau di daerah setempat.

"Usulan ini sebagai implementasi dari wacana Program Trans Karimun yang dilontarkan Pak Bupati. Kita berharap Pemerintah Provinsi menyetujuinya, misalnya bekerja sama dengan PT ASDP untuk menyediakan kapal roro," kata Kepala Dinas Perhubungan Karimun Aryandi di Tanjung Balai Karimun, Rabu.

Aryandi mengatakan, Program Trans Karimun merupakan salah satu upaya untuk mempercepat serta membuka akses transportasi sehingga warga masyarakat di pulau-pulau yang tersebar di 12 kecamatan.

Kapal roro yang diusulkan tersebut akan berlayar secara berantai ke sejumlah pulau-pulau utama, mulai dari Pulau Karimun Besar, Pulau Buru, Durai, Moro dan Belat.

"Rute atau pulau-pulau mana yang disinggahi kapal roro itu, tentu akan dibahas bersama-sama. Yang penting, kehadiran kapal roro bisa mendorong pertumbuhan ekonomi dan aktivitas perdagangan masyarakat di 'hinterland'," kata dia.

Ia mengatakan, transportasi laut seperti kapal roro, merupakan satu-satunya sarana angkut warga pulau-pulau. Jumlah pulau, kecil maupun besar berpenghuni atau kosong lebih dari 200 pulau yang selama ini masih dihubungkan dengan kapal berbobot kecil, dan sejumlah pulau masih kesulitan mendapatkan akses transportasi yang cepat.

Untuk itu, kata dia, Bupati mewacanakan Trans Karimun dengan mengadakan kapal roro yang berlayar berantai menghubungkan pulau-pulau, selaras dengan Program Tol Laut yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

"Kami juga berharap pemerintah pusat memberikan perhatian mengingat Karimun merupakan daerah kepulauan, tidak berlebihan kalau kami meminta pemerintah pusar memprioritaskan Karimun dalam Program Tol Laut yang dicanangkan Presiden," ucapnya.

Sementara ini, lanjut dia, kapal roro yang telah beroperasi melalui Pelabuhan Parit Rampak, Kecamatan Meral, baru menghubungkan Pulau Karimun Besar dengan Pelabuhan Selat Beliah di Kecamatan Kundur Barat, Pulau Kundur, kemudian ke Pulau Batam, Tanjungpinang serta Buton, Riau.

"Kami juga telah mengusulkan peningkatan kapasitas Pelabuhan Roro Parit Rampak. Selain itu, sejumlah pelabuhan juta kita tingkatkan kapasitasnya, termasuk juga sarana prasarananya," kata Aryandi. (Antara)

Editor: Miskudin Taufik

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE