Wagub Kepri Dorong Pendirian Pesantren

id Wagub,gubernur,Kepri,soerya,Pendirian,batam,Pesantren

Batam (Antara Kepri) - Wakil Gubernur Kepulauan Riau Soerya Respationo mendorong pendirian pesantren di Batam sebagai jawaban atas problematika sosial, pendidikan dan kehidupan beragama di kota industri.

Hal itu dikatakan Wakil Gubernur Soerya Respationo saat menghadiri peletakan batu pertama asrama Pondok Pesantren An Ni'mah di Batam, Kamis.

"Pendidikan dan syiar agama adalah dua kegiatan yang dapat saling menunjang. Pendidikan dapat dijadikan bekal dalam mengumandangkan dakwah di masyarakat. Sedangkan dakwah dapat dimanfaatkan sebagai sarana dalam membangun sistem pendidikan," kata Wakil Gubernur.

Menurut dia, pesantren memiliki tiga fungsi utama yaitu religius, sosial dan edukasi dalam pembinaan moral dan kultur bangsa.

Warga pesantren telah dilatih untuk untuk melaksanakan pembangunan demi kesejahteraan masyarakatnya. Dalam proses pembangunan tersebut, maka hubungan yang harmonis antara santri dan masyarakat, dan antara kyai dan pemerintah daerah terjalin dengan sangat baik.

Di tempat yang sama, pimpinan pondok Pesantren An Ni'mah Abdul Rozak mengatakan bahwa saat ini pesantren yang sudah mulai berdiri sejak 1995 itu memiliki sekitar 360 santri

"Dan saat ini, kami terus berusaha mencetak generasi bangsa yang cakap disegala bidang," kata Abdul Rozak.

Ketua Yayasan An-Ni'mah, Didi Suryadi mengatakan pembangunan pesantren merupakan obsesi yayasan untuk menciptakan generasi yang hebat.

"Obsesi pesantren ini memberikan jawaban, dan menjawab tantangan ke depan. Sehingga, nantinya anak-anak ini tidak hanya mahir dalam pendidikan Islam saja, tapi mampu juga bahu membahu menjawab tantangan zaman," kata dia.

Pembangunan pesantren diperkirakan membutuhkan dana Rp4miliar. Dan untuk tahap awal, Wakil Gubernur menyerahkan bantuan sebesar Rp100juta, yang juga sumbangan dari beberapa orang kepala dinas di lingkungan Pemprov Kepri. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE