Batam Terima Bantuan 35 Bus Pekerja

id Batam,kepri,bpjs,Bantuan,Bus,Pekerja,karimun,binyan

Batam (Antara Kepri) - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau menerima 35 unit bus pekerja bantuan dari Pemerintah Provinsi Kepri, perbankan dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan untuk digunakan sebagai transportasi pekerja di kota industri.

"Dari 40 bus yang ada, 35 unit untuk Batam, lima unit untuk Bintan dan Karimun," kata Gubernur Kepulauan Riau Muhammad Sani di Batam, Jumat.

Sebanyak 40 bus bantuan itu, 20 unit di antaranya bantuan dari Pemprov Kepri yang semuanya untuk Batam. Dan 20 unit lainnya dari perbankan dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, di mana 15 unit untuk Batam, tiga unit untuk Bintan dan dua unit untuk Karimun.

Gubernur berharap bantuan bus pekerja dapat menambah kesejahteraan buruh di Kawasan Perdagangan Bebas Batam, Bintan dan Karimun.

Senada dengan Gubernur, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kepulauan Riau Tagor Napitupulu di Batam Kepri berharap dengan adanya bantuan bus pekerja itu maka nilai kebutuhan hidup layak di kota itu bisa berkurang dan menambah kesejahteraan.

"Karena transportasi termasuk komponen yang tertinggi dalam KHL," kata Tagor.

Bus yang diberikan oleh perbankan dan BPJS itu berkapasitas maksimal 27 tempat duduk.

Sementara itu, 20 unit bus bantuan Pemprov Kepri merupakan aset provinsi pengadaan APBD 2009 yang dialihkan ke Pemkot Batam.

"Kami tegaskan setelah serah terima bus pekerja ini diharapkan kabupaten kota segera menindaklanjuti proses pemilihan dan menetapkan operator pengelola bus sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan pengoperasian angkutan karyawan," kata dia.

Dan setelah serah terima, ia memastikan Dinas Tenaga Kerja Pemprov Kepri akan melakukan monitoring, pengawasan, pengendalian, dan evaluasi pelaksanaan pengoperasian bus pekerja serta memberikan laporan hasil evaluasi pelaksanaan operasional bus pekerja kepada Gubernur.

Di tempat yang sama, Bupati Bintan Ansar Ahmad mengucapkan terima kasih kepada perbankan dan BPJS Ketenagakerjaan yang memberikan bantuan bus pekerja.

"Bagus sekali, memang sesuai dengan kebutuhan di sana," kata dia.

Menurut dia, transportasi merupakan komponen yang relatif besar dalam perhitungan UMK. Sehingga pengadaan bus pekerja dapat membantu mengurangi pengeluaran pekerja.

Bank-bank yang memberikan bantuan bersama BPJS Ketenagakerjaan yaitu Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri, Bank BUKOPIN, Bank Tabungan Negara (BTN). Penyerahan bantuan sesuai Perjanjian Nomor: PER/169/122014 dan Nomor: 02/PKS-Kdh/KEPRI/XII/2014 tentang Pemberian Hibah Kendaraan Bus Pekerja. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE