Workshop Jurnalisme Maritim HPN Digelar 3 Februari

id Workshop,Jurnalisme,Maritim,HPN,hari,pers,nasional,batam,tanjungpinang

Workshop Jurnalisme Maritim HPN Digelar 3 Februari

Batam (Antara Kepri) - Rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2015 akan diisi dengan Workshop Jurnalisme Maritim yang akan dilaksanakan pada Selasa 3 Februari 2015 di Kampuns Universitas Maritim Raja Ali Haji, Pulau Dompak, Tanjungpinang.

"Dalam pelaksanaan HPN ini kami juga ingin memberikan pembekalan pada wartawan mengenai pengetahuan tentang maritim untuk membuka wawasan mereka tentang kemaritiman," kata Sekjen PWI Kepri Saibansah di Batam, Minggu.

Ia mengatakan kegiatan tersebut menghadirkan pembicara Komandan Lantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama (Laksma) TNI Sulistiyanto, Rektor Umrah Prof Syafsir Akhlus, Priambodo dari LKBN Antara, serta dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri, Ediwan.

"Setiap narasumber akan memberikan materi dari perspektif masing-masing. Sementara Keynote Speaker dalam kegiatan tersebut adalah Bupati Natuna Ilyas Sabli," kata dia.

Saiban mengatakan peserta workshop tersebut adalah wartawan di Provinsi Kepulauan Riau dan mahasiswa dari Umrah Tanjungpinang.

"Kepri adalah wilayah maritim. Dengan pelatihan, wartawan diharapakan akan memiliki wawasan luas sehingga bisa menulis secara mendalam mengenai berbagai hal menyangkut kemaritiman," kata Saiban.

Kegiatan tersebut juga sejalan dengan Pemerintahan Presiden RI Joko Widodo dan Jusuf Kalla yang ingin menjadikan Indonesia Poros Maritim dunia.

Sementara itu Ketua PWI Kepri, Ramon Damora mengatakan masalah perbatasan dan kemaritiman juga dipilih PWI untuk dijadikan tema konvensi, dihubungkan dengan letak geografis Kepri yang berbatasan dengan empat negara, yaitu Malaysia, Singapura, Vietnam dan Thailand.

Kepri yang 94 persen wilayahnya perairan juga dianggap kompak dengan semangat Bahari yang digaungkan Presiden Joko Widodo.

"Kegiatan ini sangat tepat untuk mendukung program tersebut. Apalagi pelatihan diberikan bagi para wartawan," kata dia.

Selain Workshop tersebut, kegiatan HPN di Kepri juga diisi dengan Konvensi Media Massa yang dilaksanakan 7 Februari di Batam.

Pembicara yang diundang antara lain HE Mr Le Luong Minh (Secretary-General ASEAN), Prof Firmanzah (Rektor Universitas Paramadina), Suryo Bambang Sulisto (Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia), Gubernur Kepri (Muhammad Sani).

Selanjutnya Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti, Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo, Bambang Eka Cahyana (Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia I Persero), Carmelita Hartoto (Indonesian National Ship-owners Association).

Dalam program Pers Sehat, pembicara terdiri atas Stefan Handoyo (International Finance Corporation, World Bank Jakarta), Daniel Dhakidae (Ombudsman Media/Kompas), Amir Effendi Siregar (Wartawan Senior, PR2Media), Enda Nasution (Blogger).

Topik "Kejayaan Indonesia di Tangan Generasi Penerus" pembicara Ketua Komisi Pembarantas Korupsi (Abraham Samad), Bupati Bantaeng Sulawesi Selatan (Nurdin Abdullah), Nia Dinata (Produser Film), Dr Gamal Albinsaid (CEO Indonesia Medika). (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE