Pemkab Anambas Lakukan Tes Urine

id Pemkab,Anambas,narkoba,Tes,Urine,pegawai

Anambas (Antara Kepri) - Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan tes urine terhadap pegawai di lingkunggan pemerintah daerah tersebut.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kepulauan Anambas, Iip Ilham Firman, menjelaskan tes urine yang ditujukan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai bentuk inisiatif dalam upaya meningkatkan kredibitilas pegawai. Selain itu, tes urine ini juga diberlakukan untuk pegawai yang mengajukan kenaikan pangkat dan promosi jabatan.

"Lebih kurang 250 orang. Kegiatan ini merupakan salah satu syarat untuk kenaikan pangkat golongan II, III dan IV. Selain itu sebagai syarat bagi mereka yang mengikuti open biding untuk jabatan eselon yang dilakukan secara terbuka. Setelah tes urine, mereka akan  menerima surat keterangan bebas narkoba," ujar Iip Ilham Firman di Gedung BPMS, Tarempa, Selasa.

Kembali ia jelaskan tes urine ini hanya dilakukan selama satu hari saja, hasilnya juga dapat diketahui langsung dan bagi yang positif, atau tak mengikuti proses ini, kita tak proses kenaikan pangkatnya artinya,  tertunda sementara .

Kepala BNNP Kepri melalui stafnya Ali Chozin juga menjelaskan , tiga orang dari BNNP Kepri datang ke Anambas terkait kegiatan ini. Pelaksanaan tes urine ini juga melibatkan unsur lainnya, seperti tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan, selanjutnya BKD Kepulauan Anambas.

Secara terpisah Sekretaris BKD Anambas, Rusmanda Azmurani, S.Sos, menjelaskan untuk keputusannya nanti akan diadakan rapat dengan tim, menurutnya kadang diantara mereka mengkonsumsi tetapi untuk Obat yang dideritanya atau diberikan oleh dokter, jadi untuk kelanjutanya nanti kita rapatkan dulu bersama Tim.

Kenaikan pangkat dan jabatan ASN itu bukan hak melainkan penghargaan, dan rencananya hasil ini nantinya akan dikirim ke BKN pusat pada Maret dan selajutnya akan diproses di sana . (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE