Dubes RI: Pers Berkontribusi Membangun Bangsa

id Dubes,duta,besar,RI,Pers,hari,pers,nasional,kontribusi,Membangun,Bangsa

Dubes RI: Pers Berkontribusi Membangun Bangsa

Batam (Antara Kepri) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura Andri Hadi menilai pers berperan besar dalam memberikan kontribusi untuk membangun Bangsa Indonesia.

"Kami berharap media terus berkiprah untuk membangun bangsa Indonesia dan memberi kontribusi besar dalam membuka wacana masyarakat Indonesia," kata Andri pada kunjungan wartawan peserta Hari Pers Nasional (HPN) 2015 di Kedutaan RI di Singapura, Minggu.

Dubes Andri mengatakan bahwa pers merupakan mitra strategis pemerintah bahkan bagi hampir semua elemen.

"Maka kami juga berhatap agar insan media terus bersemangat membangun Indonesia bersama-sama karena pers juga punya tanggung jawab moral sama halnya dengan pemerintah," tutur Dubes Andri.

Dubes Andri juga menilai bahwa pers Indonesia sudah sangat dewasa dan menjadi bagian elemen yang membangun pendidikan bangsa.

Pada kesempatan tersebut, ia bahkan membandingkan pers Indonesia lebih memiliki kemerdekaan pers dalam memberikan informasi bila dibandingkan dengan pers di Singapura.

"Pers di sini dibangun untuk membangun persepsi Singapura secara bersama-sama dengan pemerintah. Tetapi untuk media sosialnya di sini sangat kritis yang betul-betul membentuk cara berpikir orang Singapura," jelas Andri.

Pada kesempatan tersebut, Dubes Andri melakukan jamuan makan siang bersama rombongan peserta HPN 2015 yang datang dari Batam, Kepulauan Riau, tempat digelarnya rangkaian kegiatan perayaan HPN 2015.

Setelah itu, peserta HPN 2015 juga melakukan kunjungan ke kantor redaksi surat kabar dengan oplah terbesar di Singapura The Straits Times yang merupakan bagian dari Singapore Press Holdings group.

Perusahaan tersebut menguasai industri media di Singapura bahkan merambah di negara tetangga termasuk Indonesia dengan bisnis di bidang percetakan, internet, televisi, radio, propert, 18 koran dalam empat bahasa, lebih dari 100 majalah, bisnis periklanan, event organizer, dan masih banyak lagi. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE