Pemkot Batam akan Pugar Kuburan Tua

id Pemkot,Batam,Pugar,Kuburan,Tua

Batam (Antara Kepri) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, akan memugar kuburan tua untuk ditata kembali agar tidak rusak dan punah, kata Kepala Dinas Sosial dan Permakaman Kota Batam Raja Kamarulzaman di Batam, Jumat.

Sebagai tahap awal, pemerintah kota mengumpulkan data kuburan tua yang perlu diperbaiki melalu pemugaran.

"Tahun ini kami data semuanya. Kami menginventarisir untuk kemudian diberikan bantuan perbaikan. Kami lihat yang mana mendesak. Sebab ada kuburan yang bila tidak segera ditangani bisa hilang," kata Kepala Dinas.

Di penjuru Kota Batam, termasuk di pulau-pulau penyangga, terdapat ratusan tempat permakaman umum (TPU) yang dikelola masyarakat setempat dan pemerintah.

Khusus untuk TPU yang dikelola swadaya oleh masyarakat, Pemkot akan membantu untuk mengukur sekaligus menetapkan luasnya agar keberadaannya bisa dipertahankan dan tidak tergusur kepentingan investasi bisnis.

Areal TPU di Kelurahan Tanjunguma yang berlokasi dekat pantai, misalnya, kini mengecil sehingga terancam punah akibat abrasi.

"Kami lihat yang mana yang urgen. Kalau kuburan di Tanjunguma itu, butuh penahan ombak, maka itu yang kami buatkan. Kalau butuh pagar, itu yang kami buat. Makanya saat ini, kami data dulu," kata dia.

Selain itu, pada tahun ini Dinsos juga menganggarkan biaya pemakaman khusus untuk orang tanpa identitas. Biaya yang disediakan untuk 30 jenazah yang tidak dikenali jati dirinya.

Pemkot untuk membiayai pemakaman orang tanpa identitas demi kemanusiaan. Pemkot menyiapkan dana hingga Rp2,5 juta untuk tiap jenazah tanpa identitas.

Pemkot bahkan menyiapkan anggaran khusus bagi pasien yang tidak memiliki keluarga untuk membiayai di rumah sakit.

"Ada yang memang mendapatkan perawatan rumah sakit. Pihak rumah sakit klaim pembayaran biayanya ke kami," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE