Polda Kepri Koordinasi Atasi Truk Lebihi Muatan

id Polda,Kepri,Koordinasi,Truk,Muatan

Batam (Antara Kepri) - Direktorat Lalulintas Polda Kepulauan Riau (Kepri) berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Batam dan Bea Cukai terkait maraknya truk pengangkut barang melebihi muatan termasuk yang hendak dibawa ke luar Batam melalui Pelabuhan PT ASDP Telaga Punggur.

"Untuk berat muatan itu Dishub yang memiliki alat untuk memastikannya. Sementara mengenai barang-barang yang diduga ilegal dibawa keluar Batam itu tugas BC. Jadi kami akan melakukan koordinasi," kata Wakil Direktur Lalulintas Polda Kepri, AKBP Muhamad Aris di Batam, Jumat.

Ia mengatakan akan menindak sesuai pelanggaran jika ada temuan kelebihan muatan ataupun pegiriman barang yang seharusnya hanya boleh beredar di Batam sebagai kawasan perdagangan bebas.

Tindakan juga akan dilakukan pada oknum-oknum di pelabuhan yang diduga sengaja meloloskan barang-barang atau kendaraan kelebihan muatan untuk keluar Batam.

"Meski kadang truk seperti memuat barang melebihi kapasitas, namun jika ditimbang belum tentu melebihi kapasitas. Jadi peran Dinas Perhubungan Kota Batam untuk memastikannya. Kami hanya pada kelengkapan dokumen saja," kata dia.

Pantauan di Pelabuhan PT ASDP Telaga Punggur, Jumat, sejumlah truk nampak mengangkut barang dengan tumpukan jauh lebih tinggi dibandingkan ukuran baknya.

Namun, truk-truk tersebut tetap lolos dan bisa keluar Batam ke Tanjung Uban atau Tanjungpinang menggunakan kapal roll on roll off (roro).

Sebelumnya, sebuah truk BP 9105 YU yang berada dalam kapal roro KMP Barau yang sedang berlayar dari Telagapunggur menuju pelabuhan ASDP Tanjunguban, miring dan nyaris ambruk dan menimpa kendaraan lainnya.

Muatan truk tersebut sepintas nampak melebihi muatan karena disusun menjualng tinggi.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Batam Dadag Wijanarko mengatakan pihaknya hanya bertugas agar pelayaran sesuai dengan jadwal dan sesuai dengan kapasitas kapal.

"Untuk muatan barang-barang dalam mobil kan sudah ada pihak BC. Semua tugas sudah dibagi-bagi sesuai kewenangan masing-masing lembaga!," Kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE