Kemenpar Alokasikan Rp100 Miliar untuk Pariwisata Kepri

id Kemenpar,Alokasi,anggaran,batam,Pariwisata,Kepri

Batam (Antara Kepri) - Kementerian Pariwisata mengalokasikan anggaran Rp100 miliar untuk kegiatan promosi, pengembangan destinasi, dan sumber daya manusia sektor wisata di Provinsi Kepulauan Riau.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti di Batam, Selasa mengatakan, Menteri Pariwisata Arief Yahya terkesan dengan potensi wisata di Kepri, sehingga berencana mengucurkan dana lebih besar untuk pariwisata di provinsi itu.

Anggaran Rp100 miliar itu akan dimasukkan ke dalam APBN Perubahan 2015.

"Peruntukannya belum kami terima secara detail. Tapi secara umum, dana itu untuk promosi, pengembangan destinasi, dan SDM di bidang pariwisata," katanya.

Pemerintah provinsi sudah mengajukan banyak kegiatan ke Kementerian Pariwisata untuk dipromosikan ke dalam dan luar negeri.

Promosi dianggap penting untuk menjaring lebih banyak wisatawan mancanegara datang ke Batam, Bintan, dan kabupaten/kota lain di Kepri untuk menghadiri berbagai acara yang diselenggarakan pemerintah dan swasta.

"Kami sudah mengajukan semua acara ke kementerian. Karena banyak untuk promosi, seperti pameran dan kegiatan lainnya, kami siapkan," kata Guntur.

Sementara itu, dalam kunjungannya ke Batam akhir pekan lalu, Menpar berjanji akan mengalokasikan dana Rp100 miliar bagi pembangunan pariwisata Kepri. 

Kepri dianggap penting bagi perkembangan pariwisata di Indonesia, karena provinsi yang bertetangga dengan empat negara itu menjadi pintu masuk wisman terbesar ke Indonesia, setelah Bali dan Jakarta.

"Untuk tahun ini, pemerintah akan mengalokasikan Rp100miliar ke Kepri untuk pariwisatanya," kata dia.

Sayang, ia tidak memberikan detail anggarannya. Namun, dalam kesempatan lainnya di Batam, ia menyatakan Kementerian Pariwisata akan melakukan banyak promosi pariwisata potensi daerah.   

"Pemerintah yang melakukan promosi," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE