Kemenpar Bangun Pelabuhan Yacht di Tanjungpinang

id Kemenpar,Bangun,Pelabuhan,Yacht,Tanjungpinang,wisata,bahari

Batam (Antara Kepri) - Kementerian Pariwisata akan membangun pelabuhan kapal layar yacht di Kota Tanjungpinang Kepulauan Riau, demi mewujudkan kota itu sebagai pintu gerbang wisata bahari Indonesia.

"Kemenpar akan membangun titik labuh di Tanjungpinang, sesuai dengan perjuangan kami selama ini, menjadikan Kepri sebagai pintu gerbang wisata bahari," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Guntur Sakti di Batam, Selasa.

Pembangunan titik labuh itu akan dilakukan menggunakan dana dari APBN 2015 murni.

Menurut Guntur, titik labuh kapal yacht sangat cocok dibangun di Kepri, mengingat potensi wisman sektor bahari sangat tinggi di provinsi kepulauan yang berbatasan dengan empat negara itu.

Apalagi, selama ini sudah ada penggemar yacht dari berbagai belahan dunia yang mengikuti berbagai acara pelayaran dan singgah di Batam.

Namun, Pemprov belum menetapkan lokasi pembangunan titik labuh itu, dan masih akan merapatkannya dengan pihak terkait seperti Bea Cukai, KSOP, Imigrasi dan lainnya.

Ada empat pilihan lokasi titik labuh di Tanjungpinang yang akan dibahas, sayang Guntur masih merahasiakannya.

"Yang pasti harus memenuhi syarat-syarat yang diberikan Kemenpar," kata dia.

Di antara syarat pembangunan titik labuh adalah berlokasi di bukan pantai, lahan dimiliki Pemerintah Daerah, berlokasi bukan di pulau kecil dan tidak berpenghuni serta tidak terkena angin dan arus kencang.

Kemudian lokasi titik labuh tidak boleh di dekat daerah konservasi terumbu karang, tidak berada di dekat instalasi penting seperti militer, berkedalaman 5 sampai 20 meter dan tidak berdiri sendiri melainkan harus menjadi bagian dari titik labuh lainnya.

Lalu, lokasi dilengkapi dengan jaringan internet, listrik dan air bersih, dekat dengan pasokan minyak dan logistik, lokasi tidak mengganggu alur pelayaran masyarakat dan memiliki akses darat yang mudah.

Lokasi titik labuh juga diminta untuk berada dekat dengan atraksi wisata, memiliki nuansa nyaman dan aman, berada di perairan bersih bebas imbah kapal dan darat. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE