Batam Siap Jadi Kota Gas

id Batam,energi,Kota,Gas

Batam (Antara Kepri) - Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Energi Sumber Daya Mineral Kota Batam Kepulauan Riau menyatakan kota itu siap menjadi Kota Gas pada 2018, sesuai dengan kesepakatan antara Menteri ESDM Sudirman Said dengan Gubernur Kepri Muhammad Sani.

Kepala Dinas Perindag ESDM Amsakar Achmad di Batam, Rabu, memastikan selama tiga tahun ke depan akan ada banyak pembangunan infrastruktur untuk mencapai Batam Kota Gas pada 2018.

"Kami sempat berdiskusi cukup panjang dengan Pimpinan PGN yang baru. Memang 2015 ini diharapkan, pertama sudah berdiri SPBG dan sekarang dalam proses," kata Amsakar.   

Rencananya PT Perusahaan Gas Negara akan membangun tiga Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) untuk mendukung penggunaan energi gas sebagai bahan bakar alat transportasi. Dan saat ini sedang pembangunan satu unit SPBG yang terletak di belakang Kantor PGN Batam, sekitar Kampung Belian.

Kemudian, PGN juga berencana menambah instalasi pipa gas rumah tangga ke penjuru kota dalam program Sayang Ibu.

PGN tengah menyelesaikan dua pipa induk ke kawasan industri Batuampar. Dan pipa gas dari Panaran-Tanjunguncang sudah diresmikan beberapa waktu lalu, selain pipa ke Kawasan Industri Batam Centre yang sudah terbangun sejak lama.

Dari pipa utama itu, nantinya akan disampung pipa ke perumahan yang dilalui, untuk menyalurkan gas ke rumah tangga dan Usaha Kecil Menengah di lingkungan sekitar.

"Pipa-pipa PGN sudah berada di jalur strategis, jaringan instalasi pokoknya sudah tersedia. Khusus di seputaran Batam Centre, Perumahan Cendana sudah dipasok gas rumah tangga. Dan tahun ini sudah disiapkan rencana pengembangan untuk 2.000 rumah tangga," kata dia.

"Dari kondisi seperti itu, tinggal sedikit lagi saja Batam dikembangkan sebagai kota gas. PGN tinggal membuat skala prioritas untuk mendahulukan yang mana," kata Kepala Dinas melanjutkan.

Sebelumnya di Batam, Menteri ESDM Sudirman Said menggadang Batam menjadi Kota Gas, setelah mayoritas energi yang digunakan di kota itu menggunakan bahan bakar gas.

"Kami punya satu kesepakatan dengan Pak Gubernur, kami jadikan Batam sebagai kota gas dengan energi bersih," kata Menteri.

Gubernur Kepri Muhammad Sani mengatakan sebagai kota gas, nantinya seluruh energi di Batam akan dihasilkan dari bahan bakar gas.

"Kota Gas, semua menggunakan gas. Mobil, industri, rumah tangga pakai gas, sehingga tidak ada lagi yang menggunakan bensin, solar," kata Gubernur. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE