Saipem Latih Dokter Tanggulangi Penderita Gawat Darurat

id Saipem,Latih,Dokter,Penderita,Gawat,rsud,karimun,Darurat

Karimun (Antara Kepri) - PT Saipem Indonesia Karimun Branch (SIKB) menggelar pelatihan Penanggulangan Penderita Gawat Darurat-General Emergency Life Support (PPGD-GELS) bagi 40 dokter Rumah Sakit Umum Daerah dan sejumlah puskesmas Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Manajer Cabang PT SIKB, Ernesto De Franco di Tanjung Balai Karimun, Kamis, mengatakan, pelatihan tersebut merupakan bagian dari program "sustainability", yaitu program sosial berkelanjutan yang bertujuan membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sejumlah bidang, seperti kesehatan, pendidikan dan ekonomi.

Ernesto mengatakan, pihaknya mendatangkan sebanyak 15 pelatih dari Rumah Sakit Dr Soetomo untuk memberikan pelatihan kepada 40 dokter tersebut.

"Ini bentuk komitmen kami membantu masyarakat. Kami di sini tidak sebentar, tetapi dalam waktu lama sehingga kami akan berinteraksi sosial dengan masyarakat di sini, salah satunya dengan kegiatan ini," ucap dia.

Selain memberikan pelatihan bagi dokter, ia mengatakan SIKB juga memberikan bantuan beberapa alat medis, seperti devibrator untuk RSUD Karimun.

Sebelumnya, kata dia lagi, SIKB juga telah merehab ruang IGD serta menambah sejumlah sarana prasarana penanganan pasien gawat darurat.

Sementara itu, Direktur RSUD Karimun Agung Martyarto mengharapkan agar pelatihan tersebut dapat mendorong pelayanan kesehatan masyarakat menjadi lebih baik dan profesional.

"Kami berharap para peserta serius dan benar-benar memanfaatkan pelatihan ini untuk mendukung tugas melayani masyarakat," katanya.

Pelatihan PPGD-GELS sepenuhnya dibiayai perusahaan asal Italia, dan rangkaian kegiatannya telah dibuka Bupati Karimun Nurdin Basirun di Hotel Aston Tanjung Balai Karimun,  Rabu kemarin.

"Pelatihan ini adalah wujud tanggung jawab sosial perusahaan. Kami berharap menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan lain yang menanamkan modalnya di Karimun," kata Bupati Karimun Nurdin ketika membuka pelatihan tersebut.

Menurut dia, perusahaan fabrikasi anjungan minyak lepas pantai itu telah menunjukkan komitmennya untuk berkontribusi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan dengan secara swakarsa melatih para dokter agar memiliki pengetahuan tentang cara menanggulangi pasien gawat darurat.

Ia berharap para dokter yang mengikuti pelatihan bersungguh-sungguh dalam menyerap pengetahuan yang disampaikan narasumber.

"Jangan sia-siakan ilmu yang diberikan, manfaatkan sebagai bentuk keseriusan untuk meningkatkan kompetensi diri," ucapnya.

Ia mengatakan, "output" dari pelatihan itu diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas para dokter dalam menangani pasien, baik di rumah sakit maupun puskesmas.

"Jangan takut berobat ke RSUD atau puskesmas, apalagi PT Saipem juga sudah membantu peningkatan sarana prasarana di ruang instalasi gawat darurat (IGD)," kata dia. (Antara)

Editor: Evy R Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE