BMKG: Hati-hati Gelombang Laut Natuna Tinggi

id BMKG,kepri,Gelombang,Laut,Natuna,Tinggi,cuaca

Batam (Antara Kepri) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Batam Kepulauan Riau mengimbau masyarakat pengguna transportasi laut di Perairan Natuna berhati-hati karena gelombang laut tinggi di wilayah perairan itu pada Minggu.

"Diimbau untuk berhati-hati karena gelombang tinggi dan arus yang cukup kuat wilayah Perairan Natuna," kata prakirawan BMKG Batam Debora Trully.

Ia menyatakan gelombang laut di Perairan Natuna mencapai 2,5 meter dengan kecepatan arus mencapai 80 centimeter per detik.

Sementara untuk pengguna transportasi darat dan udara, menurut dia, masih kondusif.

Cuaca di Wilayah Kepri diprakirakan berawan dan berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan yang bersifat lokal.

Pusaran angin tertutup di wilayah Kalimantan bagian barat menyebabkan terbentuknya pola belokan angin di Kepri.

Hal itu, menurut dia, mengakibatkan massa udara yang melewati wilayah Kepri melambat yang berpotensi dalam pertumbuhan awan.

"Prakiraan nilai kelembaban udara yang cukup tinggi juga mendukung dalam proses pertumbuhan awan-awan konvektif.

Secara detail, BMKG memprakirakan cuaca wilayah Kota Batam pada Minggu pagi hingga siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan 5 - 40 kilometer per jam arah timur laut.

Suhu udara di Batam berkisar 24 - 31 derajat Celcius dengan kelembaban 61-95 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan 0,7 sampai 1,3 meter.

Cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada Minggu pagi berawan hujan ringan dan siang hingga malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan 5- 35 kilometer per jam arah timur laut.

Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan antara 23 - 31 derajat Celcius dengan kelembaban 61 - 96 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan 0,7 - 2 meter.

Karimun pada Minggu pagi hingga malam berawan. Kecepatan angin mencapai 5 - 35 kilometer per jam arah timur laut.

Suhu udara di Karimun antara 24 - 32 derajat Celcius dengan kelembaban 65 - 90 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan 0,7 - 1,5 meter.

Cuaca di Lingga Minggu pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan 5- 38 kilometer per jam arah utara.

Suhu udara di Lingga antara 24 - 31 derajat Celcius dengan kelembaban 60 - 96 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,7 - 1,5 meter.

Kabupaten Natuna pada Minggu pagi hingga siang berawan dan malam berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan 5 - 35 kilometer per jam arah utara.

Suhu udara di Natuna antara 24 - 31 derajat Celcius dengan kelembaban 73 - 92 persen dan gelombang laut diperkirakan 1,3 - 3 meter.

Sedangkan di Kabupaten Anambas, pada Minggu pagi berawan,  siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan 5 - 30 km per jam arah utara.

Suhu udara Anambas antara 24 - 30 derajat Celcius dengan kelembaban 68 - 95 persen. Sedangkan gelombang diperkirakan 1 - 2,5 meter. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE