RAPI Natuna Gelar Kontes Batu Akik

id RAPI,Natuna,Gelar,Kontes,layang,Batu.Akik

Natuna (Antara Kepri) - Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Natuna menggelar festival dan kontes batu akik di Pantai Kencana, Ranai pada 13-15 Maret 2015.

Pameran dan kontes batu akik ini disejalankan dengan festival dan lomba layang-layang tahunan yang biasa digelar RAPI di lokasi tersebut.

Sekretaris panitia Erwin Kalit menuturkan, dalam kontes batu akik itu akan ada penilaian terkait transparan bahan batu, tidak polos dan bermotif.

"Yang jelas batu yang dikonteskan harus batu asal Natuna, tim penilai ada 5, dua di antaranya dari internal RAPI, sementara juri selebihnya punya latar belakang pengetahuan geologi, beberapanya dari Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Natuna," ujar Kalit,

Khusus dalam kontes ini, pemilik batu akik harus membawa batu mentahnya dan referensi atau sinopsis umum terkait asal batu tersebut.

"Bagi yang mengaku punya hobi koleksi batu akik, siapkan batu asli Natuna anda untuk ikut kontes ini, baik itu pencinta batu akik ataupun pedagang batu, hadiah menarik jutaan rupiah disiapkan panitia," ujarnya lagi.

Kontes batu ini merupakan yang pertama digelar RAPI, pasalnya momentum musiman batu akik yang sedang naik daun di seluruh Indonesia.

"Kegiatan ini adalah yang pertama kita lakukan di Natuna, semoga batu akik asal Natuna lebih dikenal masyarakat luar," kata dia.

Sementara festival dan lomba layang-layang merupakan tahun ketiga bagi RAPI dalam penyelenggaraannya. RAPI yang eksis dari komunitas pencinta komunikasi lewat radio berupaya membuat even yang menggairahkan pariwisata selama ini. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE