Disdik: Baru SMK Yaspika Laksanakan UN "Online"

id Disdik,sekolah,pendidikan,SMK,Yaspika,UN,ujian,nasional,Online,internet,karimun

Karimun (Antara Kepri) - Pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, menyatakan dari 39 SMA sederajat yang  melaksanakan Ujian Nasional 2015, baru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yaspika siap melaksanakan UN sistem "online".

"SMK Yaspika, sekolah swasta yang satu-satunya melaksanakan UN sistem online. Sedangkan SMA atau SMK negeri belum siap melaksanakannya," kata Kepala Dinas Pendidikan Karimun, MS Sudarmadi di Tanjung Balai Karimun, Sabtu.

Sudarmadi mengatakan, SMK Yaspika, sekolah swasta yang berkedudukan di Tanjung Balai Karimun, menyatakan kesiapannya untuk menerapkan sistem UN "online".

Pelaksanaan UN sistem "online", menurut dia, harus didukung dengan kesiapan jaringan internet yang akan digunakan selama UN.

"Kita mempersilakan setiap sekolah untuk menerapkan sistem itu, tapi tentunya harus mempertimbangkan kesiapan jaringan, agar tidak menemui kendala ketika pelaksanaan UN," kata dia.

Sistem UN "online", kata dia, dilaksanakan mirip dengan chatting atau ngobrol di media sosial, misalnya, facebook atau lainnya. Dengan sistem "online", siswa juga bisa mengetahui langsung nilai yang diperoleh untuk setiap mata pelajaran yang diujikan.

Menurut dia, pelaksanaan UN sistem "online" akan dilakukan secara bertahap seiring dengan kesiapan masing-masing sekolah.

"Jaringan internet yang lancar sangat menentukan siap atau tidaknya satu sekolah, apalagi jaringan akan digunakan ribuan siswa," kata dia.

Ia juga mengatakan, masih melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan UN sistem online ke setiap sekolah.

"UN sistem 'online" memang lebih efektif dan efisien. Kita akan laksanakan secara bertahap hingga beberapa tahun ke depan, sesuai dengan kesiapan masing-masing sekolah," kata dia (Antara)

Editor: Sri Muryono

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE