BP Batam-Kemenhub Koordinasi Pembangunan Kereta Bandara

id BP,Batam,Kemenhub,Koordinasi,Pembangunan,Kereta,hang,nadim,Bandara

Batam (Antara Kepri) - Badan Pengusahaan Batam dan Kementerian Perhubungan berkoordinasi untuk pembangunan sarana transportasi kereta api yang menghubungkan Bandara Internasional Hang Nadim dengan kawasan industri dan pemerintahan.

"Hingga saat ini kami masih terus berkoordinasi mencari jenis terbaik untuk transportasi masyarakat yang terhubung dengan bandara," kata Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam, Ilham Eka Hartawan di Batam, Kamis.

Ia mengatakan, hingga saat ini belum ditentukan jenis transportasi yang tepat apakah kereta api seperti yang ada di Bandara Internasional Kualanamu Medan dan Bandara Internasional Adi Sutjipto Yogyakarta.

Sementara itu, sebelumnya Badan Pengusahaan Batam telah merancang koridor relbus yang akan menghubungkan Bandara Internasional Hang Nadim Batam dengan Pusat Pemerintahan dan Pelabuhan Internasional di Batam Centre.

Selain itu juga akan dibangun koridor Batuampar ke Batam Centre dan Tanjunguncang yang ditujukan untuk mempermudah akses pekerja dari pemukiman ke kawasan industri.

"Kami masih menunggu keputusan dari Kementerian Perhubungan untuk jenis yang cocok dibangun di Batam. Termasuk persetujuan koridor yang kami ajukan ke kementerian," kata dia.

Bandara Internasional Hang Nadim Batam adalah fasilitas milik BP Batam sebagai salah satu penunjang kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas yang dikembangkan sejak periode 1980.

Selain sarana transportasi berjenis kereta api, juga akan dibangun jalur tol untuk menghubungkan bandara dengan Pelabuhan Bongkar Muat Batuampar dan kawasan industri lain.

Hal tersebut mengingat di Kawasan Hang Nadim Batam juga tengah dikembangkan industri berteknologi tinggi berupa pusat perawatan dan perbaikan menyeluruh pesawat terbang.

"Semua akan dibangun secara bertahap sesuai dengan kebutuhan dan program pemerintah pusat. Yang jelas fasilitas sarana transportasi untuk barang dan penduduk akan terus dikembangkan," kata Ilham. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE